Sukses

`Panen` Sampah Perayaan Malam Tahun Baru di Jakarta Utara

Dari data yang dimiliki Sudin Kebersihan, pada hari normal, sampah dari daratan di Jakarta Utara mencapai 1.200 ton.

Produksi sampah pada perayaan Tahun Baru nanti diprediksi bakal meningkat, khususnya di lokasi-lokasi hiburan masyarakat. Di Jakarta Utara, kawasan Kelapa Gading dan Ancol diprediksi bakal menjadi penyumbang terbesar sampah malam Tahun Baru kali ini.

Untuk mengantisipasi lonjakan volume sampah itu, Kasudin Kebersihan Jakarta Utara, Zainuri mengaku sudah mempersiapkan langkah antisipasi. Sebanyak 25 buah armada kendaraan truk sampah serta 150 petugas dari Dinas Kebersihan bakal disiagakan.

"Selain kedua titik konsentrasi terbesar itu, Kelapa Gading dan Ancol, kita juga akan menyebar mereka (petugas kebersihan) ke sejumlah tempat. Seperti di jalan-jalan protokol, karena akan dipadati warga melintas yang menuju lokasi keramaian maupun sekadar konvoi," kata Zainuri di Jakarta, Senin (30/12/2013).

Dari data yang dimiliki Sudin Kebersihan, pada hari normal, sampah dari daratan di Jakarta Utara mencapai 1.200 ton. Jumlah ini dipercaya bakal meningkat sebanyak 3 persen pada perayaan malam Tahun Baru nanti.

"Sekitar 3 persen atau 36 ton sampah," tutur Zainuri.

Karenanya, sejumlah jalan protokol bakal menjadi titik konsentrasi petugas. Di antaranya, Jalan Yos Sudarso, Jalan Enggano, Jalan Martadinata, Jalan Gunung Sahari, Jalan Lodan, Jalan Pluit Raya, dan Jalan Jembatan II Penjaringan.

"Oleh karena itu, kesiapan petugas diharapkan jalan-jalan protokol tetap terjaga kebersihannya," pungkas Zainuri. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru

  • Ancol