Sukses

2 Jurnalis Guardian Sudah 5 Hari Terjebak di Antartika

Jha dan Topham yang terjebak bersama 72 orang lainnya menuliskan suasana di kapal MV Akademik Shokalskiy.

Dua jurnalis Guardian, Alok Jha dan Laurence Topham, masih terjebak di Antartika, sekitar 1500 mil laut di selatan Hobart. Mereka sudah 5 hari terjebak pada kapal yang melakukan napak tilas ilmuan Douglas Mawson.

Ini menjadi perjalanan terpanjang bagi kedua jurnalis dalam mengarungi benua Antartika. Sekitar 80 mil mereka tempuh bersama the Australasian Antarctic Expedition (AAE).

Laman Business Insider, Minggu (29/12/2013) memberitakan, kapal MV Akademik Shokalskiy yang mereka tumpangi masih terjebak di es. Kapal yang mengangkut 74 orang yang terdiri dari ilmuwan, turis, petualang, dan wartawan Guardian itu terjebak pada Rabu 25 Desember.

Pada akhir pekan ini, sebuah kapal China sepanjang 166 meter yang bernama "Naga Salju" berusaha datang membantu. Pada hari Muinggu kemarin, es di sekitar kapal yang terjebak itu tampak mulai retak karena kapal China yang semakin dekat.

Dalam beberapa hari terakhir, Jha menulois pada akun twitternya bagaimana kondisi mereka yang terjebak di Antar tika itu. Mereka melalui hari-harinya dengan semangat tinggi.

"Like true polar explorers, @loztopham and I stuck in ice near Antarctica. Awaiting rescue by an icebreaker," demikian tulis Jha. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.