Sukses

[VIDEO] Harpitnas, PNS di Madura Ramai-ramai Bolos

Mayoritas PNS itu memilih tidak masuk karena menganggap saat ini hari kejepit.

Ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Sampang, Jawa Timur, ramai-ramai membolos pada hari ini. Mayoritas PNS itu memilih tidak masuk karena menganggap saat ini hari kejepit nasional alias harpitnas.

Tayangan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (27/12/2013), Satuan Polisi Pamong Praja yang sidak ke sejumlah kantor di lingkungan Pemkab Sampang tercengang saat melihat deretan kursi kosong di dalam ruangan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang. Hampir separuh pegawai membolos.

Satpol PP yang menanyakan para pegawai, hanya dijawab sedang tugas luar. Padahal tidak ada surat perintah tugas ke luar.

Di kantor dinas lain, seperti Dinas Pertanian, Dinas Pendidikan, Satpol PP juga menemukan banyak PNS yang juga tak masuk. Mereka yang tidak masuk tanpa izin akan dilaporkan ke bupati untuk mendapatkan sanksi sesuai peraturan yang berlaku.

Hari pertama masuk kerja setelah libur bersama hari Natal, kantor Bupati Mandailing Natal, Sumatera Utara sepi dari aktivitas. Bahkan sejumlah dinas dan bagian di kantor bupati ini tidak melakukan apel pagi karena ketidakhadiran pegawai.

Tak hanya pegawai pemerintah daerah, Pelaksana Tugas Bupati Dahlan Hasan Nasution pun tak hadir. Ruang wakil bupati terlihat kosong. Yang terlihat hanya satu orang staf di ruangan tersebut.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Mandailing Natal Syahdan Lubis mengakui, hari ini banyak pegawai yang tidak hadir. Padahal seharusnya bukanlah hari libur. Pihaknya menyangkal tanggung jawab sepenuhnya diserahkan kepada kepala kantor masing masing SKPD, bukan kepada badan kepegawaian.

Berbeda dengan di sejumlah daerah, tingkat kehadiran PNS di wilayah Jakarta justru tinggi. Para PNS kembali beraktivitas usai menikmati libur nasional dan cuti bersama. Seperti yang terlihat di lantai 20 Gedung Balai Kota Dinas Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta.

BKD mencatat, seluruh PNS di DKI Jakarta berjumlah sekitar 71 ribu orang dan hari ini yang libur ada sekitar 36 ribu orang. Mereka yang libur mayoritas berasal dari Dinas Pendidikan mengingat memang saat ini sudah memasuki musim libur sekolah.

Sedangkan PNS yang tanpa keterangan, diketahui hanya 1 orang dan sekitar 200 orang PNS mengambil cuti tahunan.

Peraturan PNS yang membolos akan dikurangi tunjangan kinerja daerah sebesar 5% untuk 1 hari ketidakhadiran tanpa keterangan ternyata sangat efektif membuat para PNS DKI takut membolos. (Ali/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.