Sukses

[VIDEO] Thailand & India Juga Gelar Doa Peringati 9 Tahun Tsunami

Peringatan 9 tahun tsunami di Thailand digelar di Pantai Patong, Phuket, di India, digelar di Sesa Vishakapatanam, negara bagian.

Tak hanya di Indonesia, peringatan tsunami juga dilaksanakan di Thailand dan India, yang 9 tahun lalu juga turut disapu tsunami. Warga menggelar doa bersama bagi para korban dan memohon keselamatan agar bencana serupa tidak terjadi lagi.

Hantaman tsunami yang melanda Thailand Selatan 9 tahun silam hingga kini masih membekas di ingatan warga. Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (27/12/2013) kala itu, tsunami merenggut lebih dari 5 ribu korban jiwa. Tidak hanya warga Thailand, tsunami juga merenggut jiwa warga asing dari 45 negara yang tengah berlibur di negeri gajah putih ini.

Peringatan 9 tahun tsunami di Thailand digelar di Pantai Patong, Phuket. Warga Thailand dan asing berbaur untuk memanjaatkan doa bagi para korban tsunami. Usai berdoa bersama, mereka juga meletakan karangan bunga serta menyalakan lilin di Pantai Patong.

Acara yang bertajuk 'light up phuket' ini berlangsung khidmat. Melengkapi peringatan tsunami di Phuket, berbagai foto saat tsunami menyapu Thailand juga dipamerkan bagi para peserta peringatan.

Sementara di India, peringatan 9 tahun tsunami digelar di Sesa Vishakapatanam, di negara bagian Andhra Pradesh. Warga desa yang sebagian berprofesi sebagai nelayan ini menggelar upacara keagaaman untuk mendoakan para korban tsunami.

Mereka menggelar prosesi menuangkan susu dan air kunyit ke laut sebagai tanda penghormatan kepada mereka yang sudah meninggal. Melalui peringatan ini, mereka juga berdoa memohon keselamatan agar tsunami tidak terjadi lagi.

Total korban tsunami di India 9 tahun silam ini mencapai lebih dari 12 ribu jiwa. Angka ini menempatkan India dalam urutan 3 korban terbanyak gempa bumi dan  tsunami yang melanda Samudera Hindia setelah Indonesia dan Srilanka. (Rmn)

Baca juga:
Pimpin Doa Peringatan Tsunami, Ulama Aceh Wafat Posisi Sujud
[VIDEO] Ziarah Massal Korban Tsunami Aceh
Ada 4 Gedung `Penyelamat` Warga Aceh dari Tsunami


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini