Sukses

[VIDEO] Ziarah Massal Korban Tsunami Aceh

Memperingati bencana tsunami Aceh 9 tahun silam yang menelan ratusan ribu korban jiwa, ziarah massal digelar warga hari ini.

Memeringati bencana tsunami Aceh 9 tahun silam yang menelan ratusan ribu korban jiwa, ziarah massal digelar warga hari ini. Mereka mendoakan para korban sesuai dengan agama dan keyakinannya masing-masing.

Kuburan massal Siron Lambaro, Aceh Besar, hari ini menjadi pusat perhatian masyarakat. Di tempat ini terdapat puluhan ribu makam korban bencana tsunami 9 tahun silam, seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (26/12/2013).

Tempat ini sekaligus menjadi saksi bisu dahsyatnya bencana tsunami yang melanda dataran Aceh dan sekitarnya 26 Desember 2004 silam. Acun merupakan salah satu peziarah. Acun yakin, istri dan anaknya berbaur dikuburkan di kuburan massal ini.

Di kuburan massal ini dimakamkan sebanyak 46.718 korban tsunami. Kompleks ini merupakan komplek kuburan massal terbesar di Aceh, bahkan Indonesia.

Bencana dasyat itu menerjang dataran Aceh 26 Desember 2004 gempa dengan kekuatan 9,1 skala Richter. Begitu dahsyatnya tsunami hingga mampu memorak-porandakan Aceh dan menelan setidaknya 227 ribu lebih orang meninggal dan hilang. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini