Sukses

[VIDEO] Menjelang 9 Tahun Tsunami Aceh, Ribuan Ikan Naik ke Darat

Sehari menjelang 9 tahun Tsunami Aceh, ribuan ikan berloncatan ke darat di pesisir Pantai Kampung Tambisan, Sabah, Lahad Datu, Malaysia.

Sehari menjelang 9 tahun Tsunami Aceh, ribuan ikan berloncatan ke darat di pesisir Pantai Kampung Tambisan, Sabah, Lahad Datu, Malaysia, Rabu (25/12/2013). Penduduk setempat pun langsung mengambil ikan-ikan yang dikenal dengan sebutan ikan tamban itu.

Dalam video yang didapat Liputan6.com, tampak ribuan ikan itu berloncatan sebelum akhirnya terdampar di bibir pantai. Sejumlah warga dan anak-anak terlihat memunguti ikan-ikan tersebut.

Seorang penduduk setempat, Suzila Abdullah mengatakan, fenomena seperti itu sudah terjadi sejak 3 tahun terakhir. "Tetapi tahun ini kelihatan berbeda, karena jumlah ikan yang timbul amat banyak," katanya, seperti di kutip dari themalaysianisider.com.

Suzila mengaku percaya, musim sekarang yang berombak kuat membuat ikan-ikan tersebut naik ke darat, tetapi hanya 2 atau 3 hari saja.

Oleh warga setempat, ikan-ikan tersebut dipungut dan dimasak. Ada juga penduduk kampung yang menjual ikan tersebut di Lahad Datu atau daerah lain.

Sementara itu, ratusan nelayan di kawasan Lampulo, Banda Aceh, akan menghentikan aktivitas melaut untuk memperingati 9 tahun tragedi Tsunami Aceh. Mereka akan melakukan doa bersama untuk mengenang bencana dahsyat tersebut.

"Kita sudah mengeluarkan imbauan untuk tidak melaut dan menghentikan segala aktivitas pada Kamis besok, untuk melakukan doa bersama di mesjid, dan ini sudah banyak kapal yang bersandar," ujar Panglima Laot Lhok Krueng Aceh, Tabrani di Banda Aceh.

Imbaun ini mulai berlaku dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB Kamis besok. "Bagi yang melanggar akan dikenakan saksi tidak boleh melalut selama satu minggu penuh dan ini telah disepakati bersama oleh nelayan," tambah Tabrani.

Tidak hanya mencari ikan, segala aktivitas yang berhubungan dengan laut juga diimbau untuk dihentikan, seperti bongkar muat barang, membuat jaring, maupun memperbaiki kapal. Di kawasan Lampulo terdapat 300-an kapal nelayan. (Mut)

Baca juga:
Peringati 9 Tahun Tsunami, Nelayan Aceh Dilarang Melaut
Menengok Kapal Nelayan Saksi Sejarah Tsunami Aceh
Pertanda Gempa-Hujan Kodok, 10 Misteri yang Bikin Bingung Ilmuwan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.