Sukses

Setelah Semanggi, Pemprov DKI Segera Tutup Akses Citraland

Pembongkaran tersebut dilakukan atas instruksi Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Setelah sepakat untuk menutup akses menuju Plaza Semanggi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Pemprov DKI Jakarta selanjutnya akan membongkar akses masuk Mal Ciputra atau Citraland di kawasan Grogol, Jakarta Barat.

"Selanjutnya kita kejar yang di Citraland, tahun depan akses masuknya akan kita bongkar," ujar Kepala Bidang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Benhard Hutajulu, Jakarta, Rabu (25/12/2013).

Menurut Bernard, pembongkaran dilakukan atas instruksi Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ahok berjanji akan menindak tegas pengelola gedung bertingkat, seperti hotel, pusat perbelanjaan, atau mal yang dalam pengoperasiannya menimbulkan kemacetan.

Khusus untuk akses masuk Citraland, pemprov DKI segera melakukan pembongkaran tahun depan. "Ini kan sesuai dengan arahan Wagub, target pengerjaannya akan kita laksanakan pada 2014 nanti," kata dia.

Akses masuk mal Ciputra terletak beberapa meter dari depan pagar mal. Yang menjadi sebab kemacetan adalah, banyaknya taksi atau mobil yang datang melalui jalan S Parman, Grogol yang memotong arus ke kiri untuk masuk ke dalam mal. Hal itu menyebabkan antrean kendaraan dari arah tersebut tidak dapat dihindari.

Bernard telah mengirimkan surat kepada manajemen mal yaitu Ciputra Group untuk membangun lokasi parkir lebih luas. Termasuk memundurkan pintu akses masuk yang menjadi pangkal kemacetan.

"Sudah kurang lebih 4 bulan kita surati, bahkan beberapa kali pertemuan antara Dishub DKI dengan pihak pengembang pun telah dilaksanakan," kata dia.

Namun demikian, Bernard mengatakan, upaya yang dilakukan tersebut belum menemukan titik terang. Alasannya, manajemen mal mengaku telah mendapat izin Dirjen Bina Marga untuk membuat akses masuk tersebut.

"Mereka berpendapat kalau itu tanah ada kerjasama bareng nasional juga. Kita lihat di Citraland ini, lahan tiba-tiba menjorok, pagar ada di dalam, makanya kita minta ada block plannya," kata Benhard.

Menurut Bernard, upaya pembongkaran akses masuk tersebut merupakan upaya Pemprov DKI Jakarta untuk mengurai kemacetan dan menambah jalan. Menurutnya, selama lahan yang digunakan itu merupakan lahan pemerintah. "Itukan umum, milik pemerintah, jadi dia harusnya mundur, apalagi menjadi penyebab kemacetan," kata dia. (Ein/Ism)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik dicpns.liputan6.com

Baca juga:
Gedung Bikin Macet, Ahok: Aksesnya Bakal Dibongkar
Akses Plaza Semanggi Ditutup, Pengelola: Kami Pasrah...
Akses Plaza Semanggi, Veteran: Tutup Setelah Ada Jalan Alternatif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini