Sukses

[VIDEO] Libur Natal, Jalur Puncak Macet 7 Kilometer

Arus kendaraan menuju kawasan Puncak, Bogor, sudah padat sejak subuh. Di Tol Cipularang, kendaraan yang memasuki Kota Bandung meningkat.

Liburan Natal dan menyambut Tahun Baru 2014, arus kendaraan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, terlihat macet. Lepas subuh, kepadatan sudah mulai terasa dari keluar pintu Tol Ciawi sampai ke kawasan Puncak sepanjang 7 kilometer. Kendaraan pribadi dan bus pariwisata mendominasi arus lalu lintas.

Seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV, Rabu (25/12/2013), untuk mengurai kepadatan kendaraan, petugas Lantas Polres Bogor mulai memberlakukan sistem buka tutup satu arah lebih pagi atau lebih awal dari biasanya. Dari arah Jakarta menuju arah Puncak mulai pukul 07.00 WIB, sedangkan arah sebaliknya ditutup sementara hingga kepadatan terurai.

Situasi yang sama juga terlihat di Tol Cipularang. Kepadatan kendaaraan terlihat dari arah Jakarta menuju Bandung, Jawa Barat, terutama mobil pribadi yang akan melakukan liburan panjang di kota itu. Volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Bandung mengalami peningkatan, sedangkan arus sebaliknya lancar.

Arus lalu lintas yang melintasi gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Purwakarta, Jabar, juga ramai dipadati kendaraan yang akan menuju ke Pantura. Volume kendaraan meningkat sebesar 5 hingga 7 persen, sedangkan arus sebaliknya dari Pantura menuju Jakarta lancar.

Dari Cilegon, Banten, juga dilaporkan ratusan kendaraan pribadi yang mengantre di Dermaga 1 hingga 3 Pelabuhan Merak. Peningkatan penumpang dan kendaraan terjadi sejak Selasa 24 Desember 2013 hingga memasuki hari libur Natal. Bahkan, ratusan kendaraan pribadi harus antre hampir satu jam untuk masuk ke lambung kapal.

Kepala Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Banten meminta agar perjalanan libur Natal bisa dilakukan di malam hari agar bisa cepat menyeberang dan terhindar dari antrean truk. ASDP Merak mengoperasikan 33 kapal roro pada liburan kali ini. (Ado/Ism)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca juga:
Pesan Damai Natal GPIB Immanuel untuk Indonesia
Spanduk Parpol Terpampang di Gerbang Gereja Katedral
Taksi Misterius di Depan Gereja Katedral, Polisi: Cuma Mogok Saja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini