Sukses

[VIDEO] Jokowi Memulai Proyek Sodetan Kali Ciliwung

Anggaran proyek untuk mengurangi banjir di Ibukota ini mencapai Rp 545 miliar.

Untuk mengatasi banjir di Ibukota yang kerap datang saat musim hujan, Kementerian Pekerjaan Umum bersama Pemprov DKI Jakarta membuat saluran air atau sodetan dari Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur.

Liputan 6 SCTV, Selasa (24/12/2014), memberitakan, proyek itu telah dimulai dengan ground breaking atau pemasangan tiang pancang di areal bekas Gedung Dinas Pekerjaan Umum Jakarta Timur hari ini.

Proyek sodetan ini menjadi salah satu pengerjaan normalisasi yang mulai dikerjakan awal 2014. Anggaran proyek ini mencapai Rp 545 miliar.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, sodetan ini dapat mengurangi banjir di Jakarta. Sebab akan mengalirkan air minimal 60 meter kubik per detik.

Sementara Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi berharap pengerjaan normalisasi ini dapat segera diselesaikan, meski masih ada masalah pembebasan tanah warga.

Pengerjaan sodetan rencananya dibagi dalam dua tahap. Pertama meliputai pembangunan terowongan air sepanjang 1,27 kilometer. Tahap ke dua akan dibangun inlet outel dan normalisasi Kali Cipinang.

Kawasan yang terkena sodetan ini berada di Kecamatan Jatinegara meliputi Kelurahan Bidara Cina, Cipinang Cempedak, dan Cipinang Besar Selatan. (Eks/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini