Sukses

Bangun Kereta Tujuan Bandara Soetta, KAI Tunggu Pembebasan Lahan

PT KAI masih belum dapat memastikan kapan pihaknya mulai membangun kereta api tujuan Bandara Soekarno-Hatta.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) masih belum dapat memastikan kapan pihaknya mulai membangun kereta api tujuan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Meski Keputusan Presiden telah dikeluarkan, PT KAI masih menunggu proses yang belum selesai untuk mulai membangun proyek besar tersebut.

Direktur Utama PT KAI Ignatius Jonan mengatakan, sampai saat ini proses tersebut telah sampai tahap pembebasan lahan. Pihaknya tak akan mulai membangun jika lahan yang akan dipergunakan belum bebas sepenuhnya.

"Tahun ini masih proses pembebasan lahan. Itu harus 100 persen. Kami tidak akan bangun kalau belum selesai, nanti saling menyandera," ujar Jonan saat menjadi pembicara di Kemenkumham di Jakarta, Senin 23 Desember 2013.

Menurut Jonan, sejak dikeluarkannya Perpres Nomor 83 Tahun 2011 mengenai Pembangunan Kereta Bandara, prosesnya langsung berjalan termasuk perizinan dan pembuatan desain yang memakan waktu 1 tahun. Sedangkan tahun ini masih proses pembebasan lahan.

"Kapan dilaksanakannya belum tahu, dan tidak akan saya beritahu. Kereta Bandara Kuala Namu yang di Medan juga nggak ada yang tahu, tapi tahu-tahu jalan," jelas Jonan saat diminta kepastian mengenai kereta bandara Soekarno-Hatta.

Berdasarkan Perpres Nomor 83 Tahun 2011 PT, KAI ditugaskan untuk mengadakan, mengoperasikan, merawat, dan mengusahakan prasarana dan sarana. (Riz)

Baca juga:
Terobos Perlintasan, Anggota TNI Tewas Dihantam Kereta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini