Sukses

KAI: Perlintasan Kereta Sebidang Hambat Perjalanan Kereta

Perlintasan sebidang atau perpotongan sebidang antara jalur kereta api dengan jalan telah menghambat perjalanan kereta dan membahayakan.

Tragedi Bintaro II menjadi refleksi bagi semua pihak. Tak terkecuali Direktur Utama PT KAI, Ignatius Jonan.

Dia menyatakan, perlintasan sebidang atau perpotongan sebidang antara jalur kereta api dengan jalan sesungguhnya telah menghambat lajunya kereta. Bahkan, perlintasan sebidang itu juga kerap merenggut korban yang hendak melintas.

"Itu Menghambat, seberapa parahnya kita belum tahu. yang pasti mengganggu. Kami juga harus menghitung jumlah perlintasan sebidang yang liar," kata Jonan di Gedung Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2013).

Karena itu, lanjut Jonan, untuk mengatasi masalah itu maka pihaknya telah mengusulkan kepada Pemerintah Daerah DKI Jakarta untuk membangun underpass atau flyover di perlintasan kereta api. Selain itu kata Jonan, PT KAI juga akan menambah jumlah armada kereta secara bertahap.

"Makanya kami itu usul ke Pemda untuk dibangun underpass atau flyover. Kami pelan-pelan juga akan menambah kapasitas kereta mungkin 20 persen," jelas Jonan. (Adm/Riz)

Baca juga:
Terobos Perlintasan, Anggota TNI Tewas Dihantam Kereta


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini