Sukses

Cara Walikota Risma Hapus Pengemis dari Surabaya

"Saya juga tidak mau pengemis. Saya mau mereka kerja," kata Risma.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini punya cara yang unik untuk mengatasi masalah pengemis di Kota Pahlawan. Risma memberikan pekerjaan kepada para pengemis agar tidak meminta-minta uang kepada warganya.

"Saya juga tidak mau pengemis. Saya mau mereka kerja," kata Risma dalam Diskusi Media Kementerian Hukum dan HAM di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2013).

Risma menuturkan, Pemerintah Kota Surabaya kini tengah menjalankan program untuk memberikan lapangan kerja bagi para pengemis. Caranya dengan merekrut para mahasiswa yang ditugaskan untuk mencari para pengemis untuk dididik.

"Kita ada mantri. Bukan menteri ya, tapi mantri. Jadi mereka mahasiswa-mahasiswa yang kita rekrut, mereka yang mencari orang-orang yang tidak bekerja atau pengemis," tutur dia.

"Kita didik mereka, kita kasih pendidikan dasar seperi menjahit dan sebagainya. Kita kasih juga mesin jahitnya. Saya mau mereka menjahit," tambah Risma. (Eks/Sss)

Baca juga:
Urus Pengamen, Walikota Risma: Saya Bayar Suruh Main di Taman
Walikota Risma: Makan di Sentra PKL Dijamin Tidak Mules
Pidato di Depan Megawati-Jokowi, Walikota Risma: Saya Ndredeg



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.