Sukses

Penyakit Aneh Adi Kobra - Pujian Media Asing Untuk Jokowi

Karena membunuh seekor ular, seorang pemuda berusia 30 tahun, menderita penyakit aneh. Mukanya bengkak hingga menutupi wajah.

Karena membunuh seekor ular, seorang pemuda berusia 30 tahun, menderita penyakit aneh. Informasi itu terangkum bersama 9 berita terpoler lainnya sepanjang Maret 2013.

Pemuda itu bernama Adi. Karena mukanya bengkak hingga menutupi wajah, warga sekitar menyebutnya Adi Kobra.

Selain berita tentang Adi Kobra, berita terpopuler lainnya antara lain, media luar negeri memberitakan sosok Gubernur DKI Jakarta Jokowi sebagai sosok pemimpin Masa Depan dan penyerangan brutal Oknum pasukan khusus TNI AD di penjara Sleman yang menewaskan 4 orang tahanan menjadi sorotan pemberitaan Dunia.

Berikut Top 10 News selama Maret 2013:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman


1. Bunuh 3 Ular, Wajah Adi Berubah Menjadi Mirip Kobra

Seorang laki-laki, Adi (30) mengidap penyakit aneh. Adi yang berprofesi sebagai buruh pabrik sagu di Sukaraja Ciluar, Kota Bogor terkena penyakit aneh selama dua bulan. Kabar yang beredar, ia menderita penyakit itu setelah membunuh 3 ekor ular berwarna hitam.

Setelah kejadian ini, beberapa minggu kemudian Adi mengaku kepada istrinya, kalau ia sakit gigi dan berwarna kemerah-merahan di kedua pipinya. Lalu seiring waktu berjalan pipinya membengkak hingga menutupi wajah dan mulut sampai tidak terlihat.

Dengan kondisinya ini, banyak yang memanggilnya dengan sebutan Adi 'Kobra'. Ditambah lagi aroma yang keluar sangat menyengat dan berbau bangkai, bahkan pipinya dihinggapi belatung.
3 dari 11 halaman


2. Gadis di Semarang Diperkosa Bergilir di Gerbong Kereta
 
Seorang remaja putri di Semarang menjadi korban pemerkosaan oleh 5 pemuda di sebuah gerbong kereta api di Stasiun Poncol, Semarang.  Ibu korban, Darwati menceritakan, kasus tersebut bermula ketika korban hendak mengembalikan alat musik ke rumah temannya yang tidak jauh dari tempat tinggalnya.

Dalam perjalanan, korban bertemu 5 pemuda yang mengajaknya berjalan jalan dan berjanji mengantar korban ke rumah temannya. Namun korban malah dibawa ke sebuah gerbong kosong di stasiun Poncol, hingga kemudian diperkosa.

Polisi berhasil menangkap 2 Orang pelaku, sedangkan 3 pelaku lainnya berhasil melarikan diri.
4 dari 11 halaman


3. Kolumnis: Australia, Ingat Namanya...Jokowi!

Nama Joko Widodo atau biasa dikenal Jokowi terus dielu-elukan berbagai kalangan. Tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga luar negeri.

Sejumlah media internasional memberitakannya sebagai sosok pemimpin masa depan.

Portal berita terkemuka Australia "The Australian" dalam artikel opini bertajuk "Jakarta's governor could be Indonesia's Obama". Artikel yang ditulis kolumnis warga Australia, Greg Sheridan ini memuat penjelasan tentang sosok Jokowi.

Greg juga membandingkan pentingnya sosok Jokowi di tengah-tengah dunia politik Indonesia menjelang Pemilu 2014.
5 dari 11 halaman


4. Paus Fransiskus yang Nyentrik

Paus Fransiskus I kembali membuat gebrakan baru. Setelah naik bus, bayar hotel sendiri, kini Paus yang berasal dari Argentina ini kembali menunjukkan sikap sederhana penuh kasih sayang terhadap sesama umat manusia.

Dalam sebuah misa, Paus membasuh dan mencium kaki 2 napi yang di antaranya adalah wanita. Satu dari 2 wanita tersebut beragama Islam dari Serbia.

Menurut Paus, apa yang dilakukannya ini memang yang seharusnya dilakukan seorang pemimpin: melayani umatnya.

Tingkah laku Paus Fransiskus I pengganti Paus Benekditius XVI memang terkenal nyentrik. Berbagai peraturan yang biasa dilakukan oleh Paus sebelumnya pun banyak 'dilanggar' olehnya.

Di antaranya ia lebih memilih untuk menyewa apartemen murah dengan 2 kamar, ketimbang tinggal di rumah dinas bak istana nan megah yang disediakan pihak Vatikan.
6 dari 11 halaman


5. Heboh! Pasangan Mesum Kepergok Bercinta di Toilet McDonald's

Suasana McDonald's di Mal Galleria, Kota Hatfield, Inggris, pada pagi hari mendadak heboh. Sepasang kekasih melakukan perbuatan mesum di toilet tempat makan yang dipenuhi anak-anak tersebut.

Mereka berdua pun disemprot atau dihujani protes oleh beberapa pengunjung.

Seperti dilansir mirror.co.uk, aksi gila pasangan tersebut dipergoki oleh beberapa pengunjung McDonalds yang hendak ke toilet. "Orang-orang yang masuk ke toilet keluar dengan wajah syok," kata ibu 42 tahun yang merupakan salah satu pengunjung.

Setelah puas memarahi pasangan itu, ibu tersebut kemudian melaporkannya ke manajer McDonald's. Menanggapinya, pihak mal langsung melapor ke polisi.
7 dari 11 halaman


6. Masjid Kekecilan, Gereja di Inggris Tawarkan Ruang Salat

Indahnya toleransi beragama, tergambar di Skotlandia. Gereja Episkopal St John di Aberdeen yang kuno dan megah terletak bersebelahan dengan Masjid Syed Shah Mustafa Jame yang berukuran lebih mungil.

Saking kecilnya, masjid tersebut tak mampu menampung ratusan jemaah. Hingga luber ke jalanan.

Saat cuaca ramah, tak jadi masalah. Namun kala musim dingin yang disertai angin kencang, para jemaah terpaksa beribadah di tengah cuaca membekukan, di atas trotoar yang kasar.

Melihat kondisi tersebut, Gereja St John membuka pintunya lebar-lebar bagi umat muslim yang ingin menunaikan ibadah salat. Lima kali dalam sehari. Dan terutama saat Salat Jumat.

Pastur Isaac Poobalan menyerahkan sebagian aula gereja kepada Imam Ahmed Megharbi. Agar salat berjamaah bisa dilakukan. Pastur tersebut mengatakan, jika ia tutup mata atas kesulitan yang dialami saudara umat muslim, imannya belumlah sejati.
8 dari 11 halaman


7. Penyerangan Lapas Sleman Jadi Sorotan Dunia

Insiden penyerangan yang terjadi di Lapas Sleman, Yogyakarta yang mengakibatkan 4 tahanan tewas, tidak hanya menggegerkan Tanah Air. Tragedi itu juga menjadi sorotan dunia.

Kantor Berita Malaysia, Bernama menulis artikel berjudul "Gunmen Attack Sleman Prison, Kill Four Convict". Disebutkan bahwa sekelompok pria bersenjata menyerang Lapas Cebongan di Sleman.

Media Prancis AFP mewartakan "Gunmen shoot dead four prisoners in jail". Disebutkan kelompok bersenjata tak dikenal menerobos masuk ke penjara Indonesia dan menembak mati 4 tahanan yang berstatus menunggu persidangan atas kematian seorang prajurit.

Sementara itu, media resmi Amerika Serikat VOA melaporkan "4 Inmates Die in Indonesian Prison Raid". Sekelompok bersenjata terlatih menyerbu penjara di Pulau Jawa. Mereka mengeksekusi 4 tahanan tersangka pembunuhan seorang prajurit pasukan khusus.
9 dari 11 halaman


8. Pendaftaran TNI AD, KSAD: Silakan Daftar, Tidak Dipungut Biaya

Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo menyatakan, proses penerimaan anggota TNI AD bagi para pemuda-pemudi yang ingin menjadi anggota TNI AD tidak akan diminta dana sama sekali. Hal ini menanggapi isu yang berkembang di masyarakat, jika ingin menjadi anggota TNI akan dipungut biaya.

Menurut dia, hingga kini masih ada oknum-oknum yang menggunakan kesempatan untuk mendaftar atau masuk tentara itu harus membayar puluhan juta rupiah. Padahal pihaknya akan menentukan lulus atau tidaknya seseorang calon prajurit itu berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Karena itu, lanjut dia, bagi siapa saja yang dimintai dana ketika mendaftar menjadi prajurit TNI, maka yang dimintai bayaran tersebut diwajibkan melaporkan kejadian itu kepada Mabes TNI AD dengan menyertakan nama lengkap dari yang meminta dana tersebut.
10 dari 11 halaman


9. Astronom: Foto Penampakan UFO di Langit Yaman Otentik

Tanpa sengaja, seorang pemuda asal Yaman mengabadikan benda terbang aneh yang diduga sebagai UFO. Berbentuk segitiga berwarna keputihan yang terbang tertutup awan.

Aseel Badiyan, pemuda itu, awalnya menggunakan kameranya untuk memfoto pegunungan yang terletak 90 kilometer dari ibukota Sanaa. Tiba-tiba sebuah obyek aneh melesat dan tertangkap lensa kameranya.

Foto tersebut lantas dikaji oleh wakil ketua asosiasi astronom Saudi, Sharaf Al Sifyati. Sang Astronom yang memeriksa foto tersebut menyebut, gambar itu adalah otentik, tak direkayasa.

Tapi, secara pribadi, Al Sifyati tak menampik, alien mungkin ada. "Tak ada keraguan bahwa kita, manusia, tak sendirian di alam semesta. Ada mahluk cerdas lain yang hanya Allah yang tahu," kata dia.
11 dari 11 halaman


10. Jakarta Berlakukan Pemadaman Listrik Bergilir

Perusahaan Listrik Negara akhirnya memberlakukan pemadaman listrik bergilir mulai 1-5 April 2013. Pemadaman ini dilakukan karena adanya perbaikan dan pemindahan menara (tower) Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) yang rusak di wilayah Sumedang, Jawa Barat.

Sutet bertegangan 500 kilo Volt (kV) itu bengkok akibat lantaran tanah di bawahnya mengalami pergeseran.

Untuk memperbaikinya, maka akan ada pemadaman aliran listrik ke wilayah Jakarta secara bergilir yang dimulai jam 09.00-21.00 WIB dengan durasi pemadaman 3 jam. (Ari/Mut)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.