Sukses

[VIDEO] Banjir di Blitar dan Jember Belum Surut

Hingga kini banjir masih melanda sejumlah wilayah di Jawa Timur, seperti di Blitar dan Jember. Warga masih mengungsi.

Hingga kini banjir masih melanda sejumlah wilayah di Jawa Timur. Di Blitar, banjir yang melanda Desa Bacem, Kalipang dan Sutojayan, Kecamatan Sutojayan, bertambah parah. Meski sudah 4 hari, banjir belum juga surut, bahkan bertambah parah.

Warga mengatakan banjir terparah terjadi Sabtu 21 Desember malam dengan ketinggian air mencapai 50 centimeter. Sedangkan di jalan raya mencapai satu meter lebih.

Seperti ditayangkan Liputan Pagi 6 SCTV, Senin (23/12/2013), ratusan warga di 3 desa ini yang kebanyakan orang tua dan anak-anak mengungsi ke gedung serbaguna Sutojayan. Saat ini ada sekitar 200 orang pengungsi yang berada di sini. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Blitar, Tagana Blitar, serta Polri dan TNI masih siaga di lokasi banjir.

Sedangkan di Jember, banjir yang juga masih tinggi membuat tim SAR gabungan dari BPBD, Basarnas, TNI, dan mahasiswa pecinta alam menyisir permukiman penduduk. Menggunakan 4 perahu karet, mereka memindahkan warga yang masih bertahan di rumahnya ke tempat yang lebih aman. Rata-rata warga tidak mau mengungsi karena takut kehilangan hartanya.

Banjir akibat jebolnya tanggul anak Sungai Bondoyudo ini masih mencapai 2 meter lebih. Curah hujan yang tinggi dan belum diperbaikinya tanggul menjadi penyebab belum surutnya banjir di Kencong. (Ado)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.