Sukses

BNPB Masih Evakuasi Korban Banjir dan Longsor di Jatim dan Jateng

Penanganan darurat banjir dan longsor masih terus dilakukan di beberapa wilayah, di Jember, Purworejo, Kebumen dan Banjarnegara.

Penanganan darurat banjir dan longsor masih terus dilakukan di beberapa wilayah. Bahkan di Jember, Jawa Timur, banjir yang terjadi sejak Jumat 20 Desember 2013 makin meluas. Jebolnya tanggul di Kali Tanggul di Desa Kraton dan Kali Sadar di Desa Paseban, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember, menyebabkan debit air meningkat.

"Satu orang dikabarkan meninggal dan 2.600 warga mengungsi," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, melalui rilis yang diterima Liputan6.com, Minggu (22/12/2013) malam.

Sedangkan banjir dan longsor yang terjadi di Purworejo, Jawa Tengah, masih memerlukan penanganan. Tinggi banjir sisi selatan jalan utama yang menghubungkan Purworejo-Kebumen, Jawa Tengah, di Kecamatan Grabag mencapai 1 meter. Hingga kini 2.433 jiwa mengungsi di 12 titik.

"4 orang dikabarkan meninggal atas musibah tersebut. keempatnya yakni Wongso Suwito (85), Rinayah (48), Siti Aminah (8) dan satu korban belum diketahui identitasnya," terang sutopo.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama instansi terkait telah mendirikan 5 dapur umum. Upaya evakuasi terhadap 1.083 jiwa masih perlu dilakukan di 5 desa, yakni Desa Rowodadi, Trimulyo,  Bendungan, Kedungmulyo, dan Ngambangan untuk diungsikan ke 3 titik, yaitu Ponpes Tamansari, Balai Desa Kedungmulyo dan Balai Desa Ngambangan.

Sekitar 150 jiwa di Dukuh Bulusari, Desa Madurejo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, masih terisolasi karena jalan terendam air cukup tinggi. Sedangkan akses menuju desa tersebut hanya dapat dilakukan dengan perahu karet.

BPBD Kebumen masih menyiapkan bantuan air minum, makanan siap saji, selimut dan lainnya. Daerah terparah terkena banjir ada di Kecamatan Adimulyo, Puring, dan Bonorowo dengan pengungsi 210 jiwa. "Akibat longsor 4 orang tewas, 1 luka berat dan 3 luka ringan. Bupati Kebumen telah mengeluarkan surat pernyataan tanggap darurat selama 2 minggu, yaitu 20 Desember hingga 2 Januari 2014," ungkap Sutopo.

Sedangkan di Banjarnegara, Jawa Tengah, longsor terjadi di 43 titik yang tersebar di 25 desa dari 12 kecamatan. Satu orang tewas dan kerusakan rumah meliputi 18 rusak berat, 9 rusak sedang, 52 rusak ringan, 62 rumah terancam longsor dan pengungsi 10 Kepala Keluarga. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

  • BPBD