Sukses

[VIDEO] Ratusan Rumah di Bantul dan Kulon Progo Terendam

Puluhan rumah tergenang termasuk sejumlah sekolah, hingga membuat aktivitas belajar mengajar terpaksa diliburkan.

Intensitas curah hujan yang tinggi juga membuat sungai di wilayah Bantul, DIY meluap. Akibatnya, puluhan rumah tergenang termasuk sejumlah sekolah yang membuat aktivitas belajar mengajar terpaksa diliburkan.

Dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (22/12/2013), luapan Sungai Gajah Wong ini memang tak terhindarkan setelah hujan lebat yang turun terus-menerus mengguyur wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Sampah yang menumpuk di pintu air juga membuat keadaan memburuk. Akibatnya, ratusan rumah dan sejumlah sekolah penuh dengan air.

Untuk mengurangi limpahan air, pihak sekolah mendatangkan mobil dinas pemadam kebakaran guna melakukan penyedotan. Para guru juga tak tinggal diam, mereka kerja bakti membersihkan ruangan kelas yang terendam.
 
Sementara itu, genangan air banjir di Kulon Progo, DIY semakin meninggi. Ratusan rumah di Bantul dan Purworejo juga terendam. Naiknya volume air menyusul hujan lebat sejak Jumat malam hingga Sabtu siang memang tak terhindarkan, sehingga memicu ketinggian air yang semula hanya sekitar 50 centimeter menjadi 90 centimeter.

Banjir di Kulon Progo terjadi akibat meluapnya Sungai Panjatan, Hai-Sero, dan Sungai Sungapan. Selain merendam permukiman dan gedung-gedung sekolah, banjir juga menggenangi persawahan hingga merusak tanaman padi siap panen. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.