Sukses

Banjir dan Longsor di Purworejo, 3 Tewas

Banjir dan tanah longsor melanda 11 kecamatan di Purworejo, Jawa Tengah.

Tiga orang tewas akibat banjir dan tanah longsor yang melanda 11 kecamatan di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, pada Jumat 20 Desember 2013. Sementara 1 lainnya dinyatakan hilang.

"Satu warga lainnya yang hanyut masih dalam pencarian petugas gabungan, untuk identitasnya masih dikumpulkan oleh petugas di lapangan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo Boedi Hardjono di Purworejo, Jumat malam.

Tiga warga yang tewas akibat bencana itu yakni Wongso Suwito (85) warga Desa Tunggorono, Kecamatan Kutoarjo. Wongso tewas setelah terseret arus air sungai. Dua lainnya, Riyanah (48) dan Siti Aminah (8), menjadi korban longsor di Kecamatan Bruno.

Boedi menyebutkan 11 kecamatan di daerah itu dilanda banjir dan tanah longsor setelah hujan deras mengguyur sejak Kamis (19/12) malam, yakni Purworejo, Kutoarjo, Kemiri, Butuh, Pituruh, Bruno, Ngombol, Purwodadi, Bagelen, Grabag, dan Bayan.

Aparat gabungan dari berbagai instansi, organisasi sosial, dan masyarakat, katanya, hingga saat ini masih melakukan penanganan terkait dengan bencana alam di kawasan setempat itu.

Sekitar 50 lokasi yang tersebar di 11 kecamatan itu dilanda banjir dan tanah longsor, 500 keluarga mengungsi, dan belasan rumah rusak. "Total kerugian akibat bencana belum bisa diprediksi, karena kami masih melakukan langkah tanggap darurat," ujar dia.

Bantuan berupa logistik telah dikirimkan kepada para korban bencana alam di berbagai lokasi, termasuk di tempat pengungsian. BPBD juga telah mendirikan posko untuk penanganan bencana dan pemantauan perkembangan musibah itu. (Ant/Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini