Sukses

Kaleidoskop Metro-Kriminal 2013: Jokowi Nyaris Dilengserkan

Jokowi dan Ahok menjadi tokoh sentral dalam isu metropolitan selama 2013.

Jokowi dan Ahok menjadi tokoh sentral dalam isu metropolitan selama 2013. Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang menjabat sejak Oktober 2012 ini membuat sejumlah gebrakan untuk menyelesaikan masalah kronis Ibukota. Ancaman pelengseran sempat menerpa.

Jokowi yang bernama lengkap Joko Widodo populer dengan gaya blusukan. Dia kondang hingga ke mancanegara. Jokowi 'Obama-nya' Jakarta. Sementara Ahok yang bernama lengkap Basuki Tjahaja Purnama dikenal dengan sikap kerasnya. Gaya ceplas-ceplos kerap menimbulkan kontroversi.

Dari masalah kriminal, kasus pembunuhan keji dengan cara mutilasi masih mendominasi. Ada pula pembunuhan Tito Kei yang hingga kini belum terungkap. Sejumlah kecelakaan maut dengan korban massal terjadi. Rasyid Rajasa dan Dul Ahmad Dhani menjadi 'tokoh' di balik kecelakaan-kecelakaan itu.

Tim Liputan6.com merangkum peristiwa metropolitan dan kriminal tersebut dalam kaleidoskop mulai Januari hingga Desember 2013. Berikut kaleidoskop metropolitan dan keiminal 2013:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman



Januari 2013

BMW Maut Rasyid

Awal Januari, perhatian masyarakat terbetot oleh kasus kecelakaan maut Rasyid Rajasa. Anak Menko Perekonomian Hatta Rajasa itu kecelakaan di Tol Jagorawi Km 3.350, setelah mengantar sang pacar pada 1 Januari. Mobil BMW X5 bernopol B 272 HR yang dia kendarai menabrak mobil Daihatsu Luxio F 1622 CY.

"Saya masuk ke lajur kanan tol Jagorawi dan sempat menguap dan merasakan benturan ringan," kata Rasyid. 2 Orang tewas, salah satunya bayi berusia 14 bulan. Pada 25 Maret, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur menjatuhkan vonis 5 bulan penjara percobaan 6 bulan dan denda Rp 12 juta kepada Rasyid.

Bocah R Diperkosa Ayah

Kematian R (11) pada 9 Januari membuat gempar. Kekerasan seksual menjadi penyebab kematian bocah kelas 5 SD yang tinggal di Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, itu. Media asing menulis kasus pilu ini.

Bocah R didiagnosa mengalami radang otak dan luka parah di bagian kelamin. R ternyata diperkosa ayah kandungnya, S (55). R menahan derita dan tak berani bercerita hingga akhirnya meninggal. S ditetapkan sebagai tersangka. Keluarga R pun diusir oleh warga di lingkungannya.

Jakarta Banjir

Pertengahan Januari, Jakarta dikepung banjir. 43 Ribu warga mengungsi. Jokowi yang baru 3 bulan menjabat Gubernur berjibaku menanggulangi penyakit kronis Ibukota ini.

Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin menjadi salah satu kawasan yang terendam. Banjir diperparah jebolnya tanggul Kanal Banjir Barat (BKB) di Latuharhari, Menteng. Air mengalir deras ke basement Plaza UOB. 4 Orang terjebak, 2 tewas akibat 'tsunami kecil' itu.

Bundaran Hotel Indonesia terendam. Mobil mewah Rolls Royce B 21 B seharga Rp 13 miliar terendam. Kompleks Istana Merdeka pun tergenang air setinggi 50 centimeter. Kabar soal banjir Jakarta menyebar ke seantero dunia.

Raffi Ahmad Dibekuk

Artis sekaligus presenter Raffi Ahmad dibekuk bersama 17 orang di rumahnya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, terkait kasus narkoba. Politisi PAN Wanda Hamidah dan pasangan artis Irwansyah-Zaskiya Sungkar termasuk yang diamankan. Namun belakangan mereka dilepas, hanya Raffi dan 6 rekannya yang ditahan.

Narkoba yang dikonsumsi Raffi jenis baru. Bahannya dari tanaman Khat yang mengandung zat metilon. Raffi jadi tersangka dan akhirnya menjadi tahanan kota. Raffi juga diwajibkan lapor 2 kali seminggu.

3 dari 13 halaman


Februari 2013

Mahasiswi UI Lompat dari Angkot

Awal Februari 2913, masyarakat digegerkan tewasnya mahasiswi Universitas Indonesia (UI) Annisa Azward alias Ica (20) setelah melompat dari angkutan umum U10 jurusan Kota-Pademangan. Ica takut diculik sopir angkot, Refniathi (42), karena angkot itu tidak melintasi jalur semestinya.

Refniathi diduga melewati jalur yang bukan trayek angkot U10. Sehingga Ica ketakutan. "Dia terpaksa lompat di daerah Pekojan Raya. Itu yang saya dengar," kata sepupu Ica, Rika. Refniathi kemudian ditahan.

Bayi Dicor

Kabar menggemparkan datang dari Surabaya, Jawa Timur. Muhammad Salikhin, warga Jalan Endrosono membunuh Fahri Khusaeni Romadhon (3,5) secara sadis. Salikhin membanting anak tetangganya itu hingga tewas.

Kasus pembunuhan keji itu terbongkar setelah orangtua Fahri melaporkan anaknya yang hilang pada 16 Februari. Pencarian dilakukan, berujung penemuan jasad Fahri yang dicor di lorong rumah Salikhin pada 19 Februari. Salikhin mengaku sakit hati pada ayah Fahri. Tangis histeris menggema saat pemakaman Fahri.

Ahok Kafir

Bulan Februari juga diwarnai 'perseteruan' Ahok dengan Front Pembela Islam (FPI). Dalam seminar pada 19 Februari, Ahok mengatakan lebih baik disebut kafir daripada membenahi akhlak pejabat DKI. Ahok meminta tidak dikaitkan antara agama dengan kinerja pemerintah dan pembangunan.

"Jadi kita kerja sajalah. Silakan cap saya ini sekuler, kafir nomor satu, paling bejat. Saya sudah muak bercerita soal agama, soal akhlak, kita buktikan perbuatan sekarang," kata Ahok. Pernyataan Ahok itu dianggap meresahkan oleh FPI. Ahok diminta tidak overacting.

4 dari 13 halaman


Maret 2013

Wakepsek Cabul

Kasus asusila mengguncang dunia pendidikan Indonesia, khususnya di DKI. Taufan, wakil kepala SMA di Jakarta Timur, 4 kali mencabuli siswi berinisial M. Taufan dilaporkan ke polisi.

Mulanya Taufan membantah telah mencabuli M dalam rentan Juni hingga Juli 2012 seperti yang dituduhkan. "Pada saat klarifikasi, tidak ada satu pun guru yang bisa membuktikan," kata Taufan. Namun akhirnya Taufan menjadi tersangka. Dia juga dipecat dari sekolah. Akhirnya Taufan diajukan ke pengadilan dan divonis 4 tahun penjara.

Mutilasi Benget & Alanshia

Kasus mutilasi juga menghebohkan masyarakat selama Maret 2013. Awal Maret, kasus mutilasi Darna Sri Astuti (32) oleh suaminya, Benget Situmorang yang dibantu Tini, pasangan selingkuhan pembunuh berdarah dingin itu. Potongan tubuh Darna disebar ke Tol Cawang Cikampek.

Benget dan Tini ditangkap 6 Maret. Keduanya diadili. Tini divonis 14 tahun, sementara Benget yang dituntut mati malah meninggal sebelum vonis dibacakan.

Kasus mutilasi tak kalah keji dilakukan Alanshia terhadap Tonny Arifin Djomin (45) di Ruko Mediterania Residence Nomor 26/D Apartement Aston, Ancol, Jakarta Utara pada 13 Maret. Alanshia sempat kabur, namun akhirnya tertangkap di Surabaya. Buronan Interpol China China itu divonis seumur hidup.

Hercules Dibekuk

Pada 8 Maret, polisi menangkap Hercules Rosario Marshal dan puluhan anak buahnya. Gerombolan ini dianggap melawan polisi. "Ini tidak apa- apa. Hanya salah paham saja," ujar Hercules. Tapi kemudian Hercules dijadikan tersangka dan ditahan.

Hercules diadili dan dihukum 4 bulan penjara karena dinilai melawan petugas. Beberapa saat menghirup udara bebas, Hercules kembali ditangkap atas tuduhan pemerasan dan penganiayaan. Kini Hercules masih berada di tahanan.

Kopassus Serang Lapas Sleman

Sabtu 23 Maret masyarakat dikejutkan penyerangan Lapas Sleman, Yogyakarta, oleh belasan anggota Kopassus Grup 2 Kandang Menjangan, Kartasura. 4 Tahanan titipan Polda DIY yang terlibat pembunuhan Sertu Santoso tewas. 8 Anggota Kopassus diajukan ke pengadilan militer. Hukuman yang mereka bervariasi, mulai 1 hingga 11 tahun penjara dan dipecat dari TNI.

5 dari 13 halaman


April 2013

Siswi Dicabuli 7 Pria

Awal April, pencabulan siswi sebuah SMP di kawasan Jakarta Selatan mencuat. Siswi berinisial E (14) itu mulanya dilaporkan hilang 3 hari. Usut punya usut, gadis malang itu ternyata diperkosa oleh 7 pria.

Lima di antara pemerkosa itu dibekuk. Parahnya, 2 dari 5 tersangka itu masih di bawah umur. Yang lebih memprihatinkan kasus pemerkosaan itu bermula saat E diiming-imingi BlackBerry oleh para tersangka.

Ahok 'Komunis'

Ahok terpilih menjadi tokoh kontroversial dalam Anugerah Seputar Indonesia 2013. Tak lama setelah itu, pernyataannya soal komunis menjadi polemik. Ahok menyebut orang yang mendirikan bangunan di tanah negara dan meminta ganti rugi saat diminta pindah sebagai komunis.

Warga Waduk Pluit yang tengah menghadapi penggusuran pun tersinggung. Akhirnya Ahok memberikan klarifikasi. "Saya bilang mana bisa bagi lahan, itu kan tanah negara. Mereka ngotot, kalau ngotot itu ideologi komunis dong," kata Ahok.

Uje Wafat

Indonesia kehilangan tokoh besar di penghujung April. Tanggal 26 April Ustad Jefry Al Buchori alias Uje wafat setelah menabrak pohon di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, saat menunggang motor gede Kawasaki E650 bernomor B 3590 SGQ.

Kala itu, pria kelahiran 12 April 1973 ini pulang dari berceramah. Ribuan orang berbondong-bondong melayat ke rumah keluarga Uje. Kabar wafatnya Uje bergaung sampai ke Australia.


Mei 2013
6 dari 13 halaman



Budak Kuali

Kasus 'perbudakan' di pabrik wajan di Kampung Bayur Opak RT 03 / RW 06 Tangerang, Banten, terbongkar. Sebanyak 23 disekap dan disiksa. Mereka akhirnya diselamatkan dalam kondisi sangat memprihatinkan.

Para pekerja merasa diperlakukan seperti binatang. "Saya tidur di tempat pengap dan bau yang katanya itu adalah sebuah mess untuk para buruh," kata salah satu korban, Bagas.

Kasus itu membuat masyarakat prihatin sekaligus marah. Warga sekitar bahkan merusak rumah pemilik pabrik wajan itu. Sang pemilik pabrik, Yuki Irawan dan 4 mandornya, akhirnya ditahan.

Ancaman Pelengseran Jokowi

Pertengahan Mei, ancaman pelengseran Jokowi oleh DPRD DKI mencuat. Gara-garanya, program Kartu Jakarta Sehat (KJS) dianggap bermasalah. Sebanyak 16 rumah sakit menyatakan mundur dari program itu.

Meski dikecam warga, 30 anggota DPRD mengumpulkan tanda tangan untuk hak interpelasi atau hak tanya. Jokowi menyatakan siap jika DPRD meminta penjelasan mengenai KJS dan sistem INA CBGs itu.

"Kalau saat itu betul-betul bisa dibuat mundur, saya seneng. Saya dimakzulkan karena membuat kartu (KJS) ini saya seneng banget," tegas Jokowi.

Namun pihak rumah sakit tidak jadi mundur. 'Upaya' pelengseran Jokowi batal.

Tito Kei Ditembak

Jumat 31 Mei malam, adik John Kei, Tito Refra Kei, tewas ditembak orang tak dikenal saat berada di sebuah warung kopi. Penjual kopi turut tewas dalam penembakan itu. Tito Kei ditembak pada bagian kepala. Dia tewas di tempat.

Ada dugaan Tito sudah lama diincar. Hingga saat ini, penembak Tito Kei belum ditangkap. Akhirnya istri Tito Kei, Elizabeth menanyakan kasus penembakan suaminya ke Polda Metro Jaya.


Juni 2013
7 dari 13 halaman



Sekte Seks Bebas

Geger surat perintah ritual seks terjadi di kalangan PNS Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bandung, Jawa Barat. 'Rumah Gurita' di Jalan Suka Mulya, Sukajadi, dituding sebagai pusat ritual seks itu.

Polisi memeriksa 12 saksi terkait beredarnya surat itu. Salah satunya GL, putra NU yang juga PNS di Dinas Perpustakaan. Akhirnya diketahui surat itu dibuat oleh GL. Motif ekonomi. GL berharap punya pengikut dan mendapatkan uang. GL ditangkap dan terancam hukuman 6 tahun penjara.

Pramugari Ditampar

Pada 5 Juni, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Bangka Belitung Zakaria Umar Hadi menampar pramugari Sriwijaya Air Nur Febriani. Zakaria kesal ditegur untuk mematikan telepon selular saat pesawat tinggal landas.

"Dia sempat berkata agak keras. HP ini sudah dimatikan," ujar Febri. Dia lebam di belakang telinga. Dukungan pun  mengalir melalui media sosial. Zakaria ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan. Zakaria dihukum 5 bulan penjara.

Ulah Munarman

Saat siaran langsung di tvOne pada 28 Juni, Jubir FPI Munarman menyiram wajah Sosiolog Universitas Indonesia Tamrin Amal Tomagola dengan air teh. Penyiraman itu bermula dari debat soal kasus sweeping ormas.

Munarman panen kecaman. Namun dia menilai Tamrin pantas menerima perlakuan itu. Meski disiran, Tamrin enggan meladeni Munarman. "Saya kira saya tidak mau melayani preman. Saya tidak mau membalas dengan kekerasan juga," ujar Thamrin.

8 dari 13 halaman


Juli 2013

Pesta Seks Freddy Budiman di Lapas

Setelah dijatuhi vonis berlapis oleh Majelis Hakim PN Jakbar pada Senin 15 Juli, terdakwa Freddy Budiman kembali menghebohkan publik dengan pengakuan mantan teman dekatnya Vanny Rossyane yang mengaku berpacaran di ruang Kalapas Narkoba Cipinang. Bahkan, Vanny mengaku kerap bercinta dengan Freddy dengan leluasa di ruang Kalapas.

Freddy diduga membayar ruang Kalapas Rp 2 miliar, sehingga setiap hari Freddy leluasa membawa perempuan ke lapas. Tak hanya itu, Freddy pun menyimpan sabu di bawah meja Kalapas Cipinang, karena ruang sel Freddy lebih sempit hanya untuk berdiri. Saking leluasanya, Freddy pun dapat mengendalikan bisnis haramnya dari balik lapas.

Namun berita tersebut dibantah Kalapas Cipinang. Menurutnya, berita ini hanya sensasi. Freddy juga akhirnya buka mulut. Dia juga menepis semua berita yang beredar, terutama terkait pengakuan Vanny. Freddy akhirnya dipindahkan ke Nusakambangan. Bahkan, kehebohan kasus ini menjadi berita sorotan dunia.

Kerusuhan FPI di Kendal

Front Pembela Islam kembali menjadi sorotan. Kali ini, puluhan anggota FPI terlibat bentrok dengan warga di Kecamatan Sukorejo, Kendal, Jawa Tengah. Pada Kamis 18 Juli yang lalu, puluhan anggota FPI dikejar-kejar massa yang diduga preman di Sukorejo yang bermula dari aksi sweeping di sebuah lokasi prostitusi.

Kecaman dari berbagai pihak kembali muncul. Bahkan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menilai tindakan FPI mencoreng Islam. Komentar SBY ditanggapi keras oleh pentolan FPI, Habib Rizieq Shihab. Dia menyebut SBY sebagai pemimpin pecundang.

Komentar Habib Rizieq berbuntut panjang. Polri turun tangan mengusut komentar Habib Rizieq melalui situs FPI tersebut. Pada 24 Juli, situs resmi Front Pembela Islam (FPI) dibajak. Situs yang sempat memuat pernyataan Ketua FPI Habib Rizieq yang menyebut Presiden SBY pecundang itu di-hack berkali-kali. Para hacker menamakan diri JKT 48. Akibat kerusuhan ini 2 anggota FPI dituntut 7 bulan penjara.

Pengeroyokan Nikita Mirzani

Artis seksi Nikita Mirzani kembali tersandung kasus hukum. Kali ini Nikita melapor ke Polrestabes Bandung karena menjadi korban pengeroyokan hingga babak belur yang terjadi di sekitar Kafe Golden Monkey, kawasan Dago Atas, Jalan Dayang Sumbi, Bandung, Jawa Barat, Sabtu pada 27 Juli.

Nikita yang tengah berjalan bersama teman dekatnya Onadio Leonardo yang merupakan vokalis band Killing Me Inside, juga ikut babak belur. Diduga Nikita dikeroyok karena kedua belah pihak saling ngotot akibat terpengaruh minuman keras.

Dari pengakuan salah seorang saksi, Nikita tiba-tiba menendang, hingga berujung pertengkaran sengit. Bahkan, Nikita sempat jambak-jambakan di tanah. Fitri Sri Handayani, wanita berusia 25 tahun yang dipanggil Fia itu juga mengaku menjadi korban pengeroyokan yang dilakukan Nikita Mirzani dan melaporkan ke kepolisian.

9 dari 13 halaman


Agustus 2013

Pembunuhan Sisca Yofie

Seorang anggota Polri Kompol A dihubung-hubungkan terkait kematian tragis manajer perusahaan multifinance Fransisca Yofie, setelah dibacok dan terseret rambutnya di gear roda motor oleh pelaku hingga 1 kilometer. Polisi sempat kesulitan menangkap pelaku pembunuhan ini, karena pelaku terlihat samar di CCTV.

Banyak muncul spekulasi motif pembunuhan ini. Karena beberapa barang milik Fransisca juga di mobil masih ada dan ada juga yang hilang. Penelusuran hingga status terakhir di Facebook milik Sisca.

Namun setalah beberapa hari polisi memburu, pelaku akhirnya menyerahkan diri ke Polrestabes Bandung karena dihantui korban. Ada 6 pelaku yang berhasil tertangkap, yang akhirnya menguak kasus ini bermotif perampokan murni.

Misteri Kematian Model Della Caroline

Seorang model dari Elite Model Look yang juga mantan pemain sinetron, Della Caroline (34), ditemukan tewas di kamar Apartemen Puri Casablanca, Tebet, pada Sabtu 3 Agustus 2013.

Teman pria pengusaha batubara asal Malaysia keturunan India itu diduga sebagai pelaku pembunuh Della. Keluarga menduga pria India itulah pembunuh Della dan meminta polisi menahanya agar tak kabur ke negaranya. Adanya luka tusukan jarum di leher Della membuat keluarga semakin menyudutkan pria India itu sebagai pembunuhnya.

Penyebab kematian model bernama Della Caroline yang ditemukan di kamar Apartemen Puri Casablanca, Jakarta Selatan, akhirnya terungkap. Kapolsek Tebet Kompol Nico Andreano Setiawan menyatakan meninggalnya Della karena serangan jantung. Sebelum meninggal, Della diduga menimum minuman keras vodka dicampur minuman soda.

Mahasiswi Tewas Usai Bercinta

Seorang mahasiswi Universitas Pamulang (Unpam) ditemukan tewas di Sungai Cisadane, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Mayat ditemukan di dalam karung. Penyebab tewasnya masih misterius. Sebelum ditemukan meninggal, perempuan bernama Siti Halimah Tsu'diyah (21) itu sempat menulis status Facebook.

Lewat akunnya 'Shitychephecex Rastafarauyeeh', pada Kamis 8 Agustus lalu, pukul 16.37 WIB, Siti mengungkap dirinya sedang naik getek di sebuah sungai dengan air deras. Status di Facebooknya ini menjadi teka-teki, karena dia menghilang.

Dugaan sementara, Siti tewas dibunuh. Hal tersebut mengacu pada kerudung biru milik korban yang menjerat leher dan luka lebam di sekitar mulut. Namun melalui penelusuran di Facebook, polisi meringkus pembunuhnya yang tak lain adalah kekasihnya, Suali alias Ali. Motifnya adalah karena sakit hati. Ali mengaku bercinta sebelum membunuh kekasihnya itu.

10 dari 13 halaman


September 2013

Lancer Maut Dul

Mobil Mitsubishi Lancer yang dikemudikan putra bungsu musisi Ahmad Dhani, AQJ alias Dul, menabrak Daihatsu Gran Max dan Avanza di ruas tol Jagorawi 8 September dini hari menyebabkan 7 orang tewas dan belasan mengalami luka-luka. Sopir Gran Max mengalami kebutaan dan kritis.

AQJ alias Dul alami kecelakaan usai mengntar pacar pulang. Kepada orangtua, Dul berbohong dan mencuri kunci mobil. Selain 7 korban tewas dan belasan luka-luka, Dul bersama seorang temannya juga mengalami patah tulang kaki. Pemeriksaan Dul kerap tertunda karena kondisi lukanya cukup parah setelah 4 kali operasi. Dul mengalami trauma.

Sejumlah korban akhirnya ditanggung dan mendapat ganti rugi pihak Ahmad Dhani, setelah mereka berniat menuntut keluarga mantan pentolan Dewa 19 tersebut. Dul terancam penjara 5 tahun lebih. Komisi Perlindungan Anak meminta Dul dilindungi karena masih anak-anak. Kasus ini juga sempat menjadi perhatian negara tetangga.

Habib Munzir Wafat

Pimpinan Majelis Dzikir Rasulullah, Habib Munzir bin Fuad Al Musawa meninggal dunia pada usianya yang baru menginjak 40 tahun pada Minggu 15 September. Habib Munzir menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 15.30 WIB. Sejak kecil pria kelahiran Cipanas, Cianjur, Jawa Barat itu diketahui memiliki riwayat penyakit asma.

Pria kelahiran 23 Februari 1973 silam itu terjatuh di kamar mandi sebelum meninggal dunia. Kemudian dia dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana, Jakarta sekitar pukul 14.20 WIB tadi. 1 Jam kemudian, Habib Munzir pun menghembuskan napas terakhirnya. Isak tangis jemaah Habib Munzir membahana di kediaman Habib Munzir.

Habib Munzir dipuja banyak jemaah karena perilaku kebaikanya mengikuti ketauladanan Rasulullah. Bahkan ia pernah tidur di emperan toko demi berdakwah. Presiden SBY pun punya kenangan manis bersama Habib Munzir. Saat Habib Munzir dimakamkan, para jamaah merasakan hal yang berbeda, mereka merasakan udaranya sejuk seperti mesin pendingin AC. Habib Munzir dan Uje, menjadi ulama yang meninggal muda.

Teror untuk Polisi

Dalam sebulan, Polri diteror sejumlah aksi penembakan misterius terhadap anggota kepolisian di beberapa lokasi di Jakarta dan sekitarnya. Dari mulai penembakan 2 polisi di Pondok Aren, Bripka Sukardi di depan Gedung KPK, hingga anggota kepolisian di Depok.

Cukup kesulitan polisi memburu para pelaku penembakan ini. Sepekulasi pun bermunculan. Ada yang menduga sebagai pembunuhan berencana ada juga yang menduga kiriminal jalanan. Seperti kasus penembakan di Depok, diduga pelaku ingin merampas sepeda motor milik anggota polisi.

Namun Jeck, penembak polisi di Pondok Aren berhasil dibekuk, titik terang motif pembunuhan mulai terlihat. Belakangan polisi menyergap 7 orang diduga pelaku penembakan polisi dari 'jaringan barat'. YY diduga otak di balik penembakan ini.

11 dari 13 halaman


Oktober

Polwan Foto Bugil

Bulan ini tampaknya banyak diwarnai kabar tindak asusila. Namun di antara peristiwa tindak asusila yang paling disoroti yakni kasus beredarnya foto bugil Sespri Kapolda Lampung. Namun isu tersebut ditampik Kapolda Lampung Brigjen Polisi Heru Winarko. Polwan berinisial RS, kata Heru, merupakan Sespri dari istrinya. Sang polwan mengaku foto tersebut untuk pribadi. Sang polwan pun dinonaktifkan.

Tak lama beredar, polisi gadungan tersebut ditangkap polisi. Pelaku penyebar foto bugil tersebut tak lain mantan kekasihnya yang mengaku anggota polisi berinisal B. Ia sakit hati dan dendam karena diputuskan RS. Sang sespri kecewa karena tak kunjung dilamar, dan mengetahui jika kekasihnya seorang polisi gadungan yang mengaku lulusan Akpol. Mengetahui anaknya penyebar foto tersebut, ayah B yang seorang polisi shock hingga meninggal.

Kapolri Jenderal Pol Sutarman geram melihat ulah bawahanya itu. Setengah kecewa, dia menyindir para bawahannya, jika ingin telanjang sebaiknya di depan cermin. Tak perlu difoto sebagai koleksi pribadi, atau disebar ke publik, yang akhirnya mencoreng institusi Polri. Seiring beredarnya kasus ini, si polisi gadungan ternyata dikenal pria yang kurang bergaul. Komisioner Komisi Polisi Nasional (Kompolnas) pun mendesak agar Polri segera membersihkan citra Polri sebagai penegak hukum. Janji Sutarman akan benahi Polri pun ditagih.

Pembunuhan Holly Angela

Pembunuhan berencana Holly Angela di kamar Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan membuat geger para penghuni apartemen. Saat ditemukan mayat Holly, seorang pria ditemukan tewas di lantai dasar yang diduga terpeleset dari kamar milik Holly. Belakangan diketahui bernama El Riski. Mayat Holly ditemukan mengenaskan di kamar apartemenya.

Pembunuhan ini awalnya diendus polisi sebagai pembunuhan berencana melalui pembunuh bayaran. Teka-teki pembunuhan pun muncul. Menurut saksi, Holly memiliki suami pejabat Kementrian Perhubungan. Namun belakangan diketahui otak pelaku adalah suami sirinya sendiri yang bekerja sebagai auditor BPK bernama Gatot.

Awalnya, Gatot akan membunuh Holly dengan cara santet, tapi sang dukun angkat tangan. Gatot pun menyuruh pembunuh bayaran dengan membayar 5 orang senilai Rp 250 juta. Tekanan dari Holly yang meminta Gatot menceraikan istri pertama menjadi motif Gatot membunuh Holly. Setelah ditetapkan tersangka, Gatot akhirnya dinonaktifkan dari jabatannya di BPK.

Skandal Adiguna-Flo

Perusakan rumah putra mantan Direktur Utama Pertamina, Adiguna Sutowo di Pulomas, Jakarta Timur, Sabtu 26 Oktober 2013 dini hari menjadi sorotan banyak media massa. Pengusaha sukses Adiguna yang diduga turut saat pengrusakan tersebut memunculkan banyak pertanyaan.

Seorang wanita berinisial F yang berada satu mobil dengan Adiguna diduga sebagai pelakunya. 2 Mobil dan pagar rumah rusak parah akibat ditabrak mobil Mercedes Benz yang dikendarai F. F belakangan disebut-sebut istri gitaris band Padi, Piyu. Rumah tersebut merupakan rumah milik istri muda Adiguna, Vika Dewayani yang sudah ditempati 10 tahun. Vika melaporkan kasus ini ke Polda Metro Jaya, namun kasus ini berjalan alot.

Perlahan teka-teki kasus ini terkuak. Mobil Mercedes Benz B 712 NDR yang dipakai menabrak atas nama Indriani. Perempuan bernama Indriani itu tak lain adalah istri pertama Adiguna Sutowo. Namun F yang diketahui bernama Anastasia Florina Limasnax alias Flo masih menghilang. Kasus ini berjalan alot di Polda Metro Jaya. Baik sopir pribadi maupun Adiguna beberapa kali mangkir dari pemeriksaan, termasuk Piyu dan Flo.
 

November 2013
12 dari 13 halaman



Penyiraman Kopi Dokter Kandungan

FM (37), seorang dokter di kamar 226 RS Husada, Jakarta Pusat, menjadi korban penganiayaan seorang pasiennya, HH (50) pada Senin 18 November. Penyiraman kopi panas diduga lantaran HH kesal atas pernyataan FM yang dianggapnya menyinggungnya. Tak cuma menyiram kopi panas, HH juga berulang kali memukul wajah dokter FM. Pertanyaan terkait hubungan antara HH dengan pasien DR diduga menjadi pemicu kemarahan HH.

Sang dokter yang diketahui bernama Fransiska Mochtar itu awalnya mengajak berdamai dengan HH yang mengaku kenal dengan pejabat kepolisian itu, tapi akhirnya sang dokter melaporkan ke pihak berwajib. Setelah masuk ke meja hijau, hubungan antara HH dengan DR yang diduga menjadi pemicu kemarahan HH itu pun diselidiki. Sempat tertunda pemeriksaan dr Fransiska karena absen dari pemanggilan polisi. Belakangan diketahui kedekatan antara HH dengan pasien DR, ada hubungan khusus keduanya. DR kerap dijemput HH.

Kasus ini mendapat tanggapan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) yang menilai semestinya setiap dokter, baik itu rumah sakit swasta maupun rumah sakit daerah harus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Tidak terkecuali pasien ruang kelas III yang rata-rata berasal dari keluarga miskin.

Bentrok TNI Vs Brimob

Bentrokan antara anggota Polri dan prajurit TNI kembali terjadi. Kali ini terjadi antara TNI Angkatan Darat dengan anggota Brimob di Karawang, Jawa Barat, Selasa 19 November. Diduga bentrokan ini dipicu muka sinis, saat anggota TNI Praka Edi yang tak memakai baju dinas, tak terima ditegur anggota Brimob Jawa Barat Bripka Welly.

Akibat bentrokan ini, 8 anggota polisi mengalami luka-luka, 7 mobil dan pos polisi rusak. Pascabentrokan, anggota koramil disiagakan di seluruh polsek se-Karawang. Panglima TNI baru, Jenderal Moeldoko angkat bicara. Dia menilai, bentrokan antara TNI dan polisi akibat persoalan kultur dan tempramental.

Pangkostrad memerintahkan untuk menginvestigasi kasus ini. 20 Orang yang diduga terlibat diamankan. Mereka terkena sanksi indispliner dan pidana.

Vika-Flo Damai

Setelah berjalan hampir 2 bulan, kasus perusakan kediaman Vika, istri muda pengusaha Adiguna Sutowo terus bergulir. Baik Vika, Adiguna, maupun gitaris band Padi, Piyu dan istrinya Flo yang diduga sebagai penabrak, semua diperiksa Polda Metro Jaya meski alot. Bahkan, sopir pribadi Adiguna yang disebut-sebut sebagai saksi kunci kasus perusakan ini.

Namun pemanggilan pemeriksaan Adiguna berjalan alot. Hampir 3 kali Adiguna selalu mangkir dari panggilan polisi. Adiuga beralasan sakit. Flo, pun resmi menjadi buron dan dicekal setelah tak muncul dalam pemeriksaan polisi. Aroma perselingkuhan pun tercium. Menurut keterangan polisi, hubungan Adiguna dan Flo sudah berjalan 3 tahun. Tujuan kedatangan Flo dan Adiguna ke rumah Vika bertujuan untuk menjelaskan kedekatan keduanya.

Pengacara Vika mengaku akan mencabut tuntutannya jika perempuan bernama lengkap Anastasia Florensia Limasnax itu memunculkan batang hidungnya. Dari keterangan polisi, ada yang sengaja sembunyikan Flo, dan Flo penabrak rumah Vika. Piyu juga akhirnya mengakui perusak adalah istrinya. Kedua pihak akhirnya berdamai setelah Vika mencabut tuntutanya.

13 dari 13 halaman


Desember 2013

Tragedi Bintaro II

Kecelakaan KRL Commuter Line jurusan Serpong-Tanah Abang yang menghantam truk tangki pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) di Teluk Betung, Jakarta Selatan pada Senin 9 Desember menjadi tragedi maut paling memilukan sepanjang 2013. Kecelakaan maut ini memakan 8 korban jiwa dan lebih dari 80 orang mengalami luka-luka. Termasuk masinis dan mekanik.

Sebelum tabrakan hingga akhirnya gerbong perempuan terbakar, para penumpang perempuan dan balita itu berteriak histeris. Proses evakuasi korban berlangsung cukup lama. Kejadian aneh, firasat hingga mistis sebelum kejadian pun dikaitkan. Tragedi 26 tahun lalu atau Tragedi Bintaro I pada 1987 terulang di lokasi yang tak jauh dari tragedi sekarang, hanya 200 meter.

Hingga kini polisi masih menyelidiki penyebab terjadinya kecelakaan ini. Polisi belum menetapkan tersangka. Sopir dan kernet truk yang sebelumnya dikabarkan tewas namun teryata selamat mengaku tidak ada rambu saat melintas di perlintasan kereta. Belasan saksi telah diperiksa, termasuk penjaga palang pintu perlintasan. Tragedi ini pun menjadi sorotan dunia.

Ospek Maut ITN Malang

Fikri Dolasmantya Surya, mahasiswa baru jurusan Planologi Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang akhirnya tewas saat mengikuti Kemah Bakti Desa jurusan Planologi Oktober 2013 lalu di kawasan Goa Cina, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur.

Fikri diduga kuat mengalami kekerasaan senior saat mengikuti ospek maut tersebut. Kelaurga menuntut kepolisian mengusut kasus kematian Fikri karena melihat banyak kejanggalan. Namun keluarga menolak otopsi Fikri. Ospek ini juga tak hanya dialami mahasiswa, tapi juga mahasiswi baru juga diduga mengalami kekerasan seksual.

Kasus yang terkuak setelah beredar foto kekerasan ini berujung pada pemecatan ketua dan sekretaris jurusan planologi. Pihak kampus juga berjanji akan memecat mahasiswa yang terbukti bersalah. Hasil investigasi KontraS, kegiatan ospek ini semimiliter.

Pencurian Mayat di Cilacap

Setalah muncul peristiwa manusia kanibal asal Kabupaten Purbalingga, Sumanto, kini muncul fenomena serupa di Cilacap. Namun kali ini pelaku yang bernama Resi Rookiswana alias Pamungkas hanya mencuri mayat untuk mengambil kain kafan.

Pamungkas mencuri kain kafan untuk ilmu hitam, konon agar bisa terbang dan menghilang. Atas petunjuk roh gaib, Pamungkas harus mencuri mayat bayi dan gadis sebagai syarat ilmu hitam tersebut. Setelah mayat dicuri, tali kain kafan dibuka di rumah keramat.

Kasus pencurian mayat ini bermula saat pencurian mayat Endah. Selain itu, beberapa makam bayi dan perempuan juga ikut raib. Warga setempat pun geger. Pamungkas yang memiliki riwayat hidup diasingkan masyarakat itu akhirnya diringkus polisi. Namun di depan polisi dia membantah melakukan pencurian ini. (Rmn/Eks/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini