Sukses

Pandangan Rhoma Irama Soal Kesetaraan Gender

"Laki-laki itu memimpin perempuan. Allah mencitpakan laki-laki itu dari tanah, dan perempuan diciptakan dari unsur laki-laki," kata Rhoma.

Raja dangdut Rhoma Irama yang juga merupakan calon presiden (capres) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) unya pandangan tersendiri terkait isu kesetaraan gender yang kerap diserukan oleh para aktivis perempuan dalam persamaan hak dan kedudukan sosial.

Menurut Rhoma, Tuhan menciptakan laki-laki di muka bumi untuk memimpin perempuan. Pada dasarnya, secara struktur fisik dan mental, laki-laki diciptakan melebihi perempuan. Belum lagi, laki-laki juga ditakdirkan untuk mencari nafkah bagi perempuan.

"Laki-laki itu memimpin perempuan. Allah menciptakan laki-laki itu dari tanah, dan perempuan diciptakan dari unsur laki-laki, tulang rusuk laki-laki," kata Rhoma.

Hal tersebut diungkapkan Rhoma saat menjawab menjawab pertanyaan dari salah seorang Guru Besar UI mengenai masalah kesetaraan gender dan pemimpin perempuan di acara diskusi 'Indonesia Menjawab Tantangan: Kepemimpinan Menjadi Bangsa Pemenang' di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jumat (20/12/2013).

Meski demikian, pentolan grup band dangdut Soneta itu menjelaskan, posisi derajat perempuan di bawah laki-laki itu hanya dalam konsep rumah tangga, bukan dalam konsep tata negara serta pembangunan sistem demokrasi.

"itu konsep dalam rumah tangga. Bukan dalam tata negara," jelas dia.

Karena itu Rhoma menjanjikan, jika dirinya terpilih sebagai presiden RI kelak, akan ada sosok-sosok perempuan yang akan menjadi menteri dalam kabinetnya nanti. (Adm/Sss)

Baca Juga:

Rhoma Irama Jadi Capres, PBNU: PKB Tak Konsultasi
JK Nilai Wiranto Lebih Pengalaman Daripada Rhoma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.