Sukses

Jokowi Ajak Kadis dan Walikota Blusukan dengan Sepeda

Jokowi tak khawatir akan terjadi kepadatan lalu lintas saat blusukan sambil bersepeda. Sebab, rute yang akan dilewati adalah perkampungan.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mulai tahun depan akan blusukan ke kampung-kampung menggunakan sepeda setiap hari Jumat. Tak hanya itu, ia pun akan mengajak kepala dinas dan walikota memantau langsung permasalahan di lapangan menggunakan sepeda.

"Ini kan kita baru nyoba 2 bulan tidak ngajak dinas. Nanti sudah ngajak dinas. Di situ sudah bisa lihat dulu masalahnya di kampung itu apa," ujar gubernur yang akrab disapa Jokowi itu usai menggowes sepedanya di salah satu kedai kopi, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2013).

Mantan Walikota Solo tersebut mencontohkan, untuk memantau permasalahan drainase, ia akan mengajak kepala dinas. Kemudian, jika rute gowes sepeda melewati kawasan pasar, maka Kepala Dinas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Dirut PD Pasar Jaya harus ikut serta.

"Setiap Jumat nanti. Ini kan kita baru nyoba-nyoba problem lapangannya, apa bersepeda?" kata Jokowi.

Ia pun mengaku tidak khawatir akan terjadi kepadatan lalu lintas ketika blusukan sambil bersepeda. Sebab rute yang akan dilewati menuju perkampungan warga. Bahkan, bersepeda malah membantunya melihat permasalahan lebih detil.

"Di kampung. Tidak di jalan raya. Di kampung ya lebih aman. Nggak usah persiapan fisik," kata Jokowi.

Ketika ditanya apakah dirinya juga akan mengajak Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Punama atau Ahok saat blusukan dengan sepeda? Jokowi mengaku ragu, "Pak Wagub senengnya nggak sepedaan sih," ujar Jokowi sambil tersenyum. (Rmn/Sss)

Baca juga:
Pakai Sarung, Jokowi Ikut Baris Apel Operasi Lilin
Jokowi Habiskan Rp 1,3 Miliar Beli 10 Kereta Kuda
Jokowi Gowes Sepeda ke Kantor Bareng Camat dan Dubes Norwegia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini