Tahun Baru Gaya Baru, Jokowi Blusukan Bersepeda 2014

By Andi Muttya Keteng

on Dec 20, 2013 at 09:38 WIB

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan melakukan blusukan gaya baru pada 2014 mendatang. Nantinya gubernur yang akrab disapa Jokowi itu tak lagi mengunjungi kampung-kampung kota menggunakan mobil Toyota Kijang Innova hitam yang selama ini setia menemaninya. Ia akan menggabungkan kebiasaan blusukan dengan kegemaran bersepeda setiap hari Jumat pagi.

"Tahun depan, kita pengen sepedaannya dari kantor walikota terus ke kampung-kampung. Jadi minggu pertama hari Jumat bulan Januari, itu sudah mulai dari kantor walikota. Tiap Jumat," kata Jokowi usai gowes di salah satu kedai kopi, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2013).

Mantan Walikota Surakarta tersebut mengaku tengah mengatur rute mana saja yang akan dilewati saat blusukan dengan sepeda nanti. Tentunya suami Iriana ini memilih daerah-daerah yang dinilai membutuhkan pembenahan. "Kita baru buat rute-rutenya. Nanti mungkin minggu depan selesai," ujarnya.

Alasan ia lebih memilih menggunakan sepeda untuk blusukan, Jokowi beralasan, dengan kendaraan roda 2 itu ia bisa mengawasi masalah lebih detil. Selain itu, sepeda dinilai lebih efektif untuk memantau lokasi-lokasi yang jalannya sulit dijangkau kendaraan roda 4.

"Supaya bisa mendekati masalah. Kalau pakai mobil kan kadang-kadang ada yang terlewati, tapi kalau pakai sepeda akan lebih kelihatan masalah itu," kata Jokowi. (Rmn/Sss)

Baca juga:
Jokowi Habiskan Rp 1,3 Miliar Beli 10 Kereta Kuda
Pakai Sarung, Jokowi Ikut Baris Apel Operasi Lilin

Credit Rochmanuddin

Suka artikel ini?
Andi Muttya Keteng
Andi Muttya Keteng

  Full bio »

0 Comments