Sukses

Jokowi Habiskan Rp 1,3 Miliar Beli 10 Kereta Kuda

"Keretanya ada 10. Harga Rp 1,3 miliar. Dibeli dari berbagai pemilik, saya enggak hapal," ujar Arie.

Festival Keraton Sedunia di Jakarta telah selesai digelar sejak 2 pekan lalu. Namun, sejumlah kereta kuda yang sempat digunakan dalam acara tersebut masih terparkir di halaman kantor Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Arie Budiman mengungkapkan kereta-kereta tersebut telah dimiliki oleh pemerintah Jakarta. Bahkan pihaknya menghabiskan dana sebesar Rp 1,3 miliar untuk membeli 10 kereta kuda yang dipakai pada Kirab Budaya Festival Keraton, pada 8 Desember 2013 lalu.

"Keretanya ada 10. Harga Rp 1,3 miliar. Dibeli dari berbagai pemilik, saya enggak hapal," ujar Arie melalui keterangan tertulis kepada Liputan6.com di Jakarta, Jumat (20/12/2013).

Dinas Pariwisata, lanjut Arie membeli kereta tersebut untuk dijadikan inventaris khusus Festival Keraton Sedunia yang akan rutin diselenggarakan setiap tahun. Sehingga Disparbud tidak perlu lagi mendatangkannya berulang kali.

"Kereta tersebut sudah dibeli Dinas Pariwisata sebagai barang inventarisasi Festival Keraton yang akan berlangsung reguler dengan acara Kirab Budaya Raja-raja dan tamunya," tuturnya.

Arie menambahkan, 10 kereta tersebut akan dipajang dan dipamerkan di museum-museum Dinas Pariwisata, serta di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, mulai awal Januari 2014. Sehingga, kereta-kereta tersebut untuk sementara masih disimpan di halaman Balaikota.

"Akan dipajang di museum-museum dinas dan anjungan TMII. Dipakainya habis Tahun Baru nanti," tandas Arie. (Adi/Sss)

Baca Juga:

Kereta Kuda Ngacir Kencang Saat Hujan, Jokowi Pucat
Miris, Kereta Kencana Keraton Surakarta-Yogya Absen di Festival

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini