Sukses

Rizal Ramli: Broadcast Competition SCTV Bagus, Saya Ngiri

"Siapapun yang nanti jadi pemenangnya, mereka itu orang-orang yang tidak lagi berpikir bad news is a good news," ujar Jumhur Hidayat.

Dalam rangka mencari bibit baru di dunia broadcast atau penyiaran, Surya Citra Televisi (SCTV) yang merupakan salah satu stasiun televisi terbesar di Indonesia, mengadakan perlombaan broadcasting yang diperuntukkan bagi mahasiswa di seluruh tanah air. Sejumlah kalangan berharap kompetisi ini dapat melahirkan jurnalis yang lebih berkualitas.

"Acara ini bagus. Saya ngiri. Soalnya waktu zaman saya nggak ada ini yang kayak gini," ujar pendiri Rumah Perubahan Rizal Ramli yang juga mantan Menko Perekonomian usai menghadiri Broadcast Competition 2013 di SCTV Tower, Senayan, Jakarta, Kamis (19/12/2013).

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Jumhur Hidayat berpesan, "Siapapun yang nanti jadi pemenangnya, semoga mereka itu orang-orang yang tidak lagi berpikir bahwa bad news is a good news."

Avi, salah satu peserta mengaku, seleksi kompetisi kali ini dinilainya lebih selektif ketimbang sebelumnya. Selain itu juga lebih kompetitif. "Pada perlombaan kali ini, setiap universitas mengirimkan 1 tim yang terdiri dari 1 pembaca berita, 1 reporter, 1 programme director, 2 juru kamera, dan 1 dosen pendamping. Ada yang berbeda dari perlombaan kali ini. Biasanya itu cuma reporter doang. Tapi kali ini full setim gitu," tutur Avi.

"Kita pertama mengirimkan konten berita berupa video tentang kegiatan-kegiatan yang ada di kampus. Terus dikirim ke SCTV," ujar Avi.

Setelah menjalani proses seleksi selama sekitar 1 bulan, lanjut Avi, 6 universitas terpilih menjadi finalis Broadcast Competitor kali ini. 6 Universitas tersebut yakni Universitas Mercu Buana, Universitas Multimedia Nusantara, Politeknik Negeri Media Kreatif, Universitas Bunda Mulia, Universitas Serang Raya, dan Institut Teknologi Sebelas November Surabaya.

SCTV menghadirkan 6 narasumber untuk membantu para peserta perlombaan agar terlihat lebih nyata. Antara lain Rizal Ramli, Meutya Hafidz, Saan Mustopa, Grace Natalie, Burhanuddin Muhtadi, dan Jumhur Hidayat.

Perlombaan ini merupakan puncak acara SCTV Goes to Campus (SGTC) ini dibuka pada bulan November lalu dan ditutup pada Jumat 13 Desember. (Rmn/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.