Sukses

Kepala Brimob Polri: Pak Jokowi, Ajak Kami Bersih-bersih Kali

Brimob meminta kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk dilibatkan dalam operasi bersih-bersih kali untuk antisipasi banjir.

Kepala Korps Brimob Polri Inspektur Jenderal Polisi M Rum meminta dilibatkan dalam operasi bersih-bersih kali yang selama ini rutin dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi bersama beberapa instansi negara.

"Kalau Bapak bersih-bersih kali, seperti yang di Kali Ciliwung itu harus ada Brimob-nya juga dong, Pak. Bukan cuma yang merah-merah (baret merah atau Kopassus), tapi kita juga sangat siap membantu bapak membersihkan kali," ujar Rum saat menerima kedatangan Jokowi di Markas Korps Brimob Polri, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Selasa (17/12/2013).

Menurut Rum, dengan jumlah 2.419 personel yang bertugas di wilayah Jakarta, Korps Brimob sangat siap membantu Pemprov DKI, khususnya dalam melakukan pencegahan banjir saat musim hujan. Sehingga, kapan pun Jokowi meminta, Brimob siap untuk mengerahkan pasukannya.

"Peralatan-peralatan canggih di Kepolisian hampir seluruhnya ada di Brimob, kita juga baru mendapatkan 5 mobil baru. Kapan pun Pak Jokowi meminta bantuan, kita siap turun," ujar Rum.

Menanggapi permintaan Irjen Rum itu, Jokowi berjanji akan mengikutsertakan Brimob dalam program bersih-bersih kali yang selama ini rutin dilakukan Pemprov DKI. Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Brimob membantu Pemprov DKI, khususnya melakukan antisipasi bila pada musim hujan kali ini Jakarta dikepung oleh banjir.

"Meskipusn kita nggak ada yang ingin Jakarta banjir, tapi apapun kita sampaikan kepada komandan, kalau nanti misalnya terpaksa Jakarta agak banjir kami minta tolong untuk dibantu," ucap Jokowi. (Mvi/Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Brimob