Sukses

Puluhan Mahasiswa ITB Memprotes Kebijakan Rektor

Mereka menilai Rektor ITB Kusmayanto Kadiman tidak konsisten karena melarang mereka mendatangkan Amien Rais dalam acara kuliah umum. Mahasiswa melakukan aksi walk out di saat Amien Rais menyampaikan kuliahnya.

Liputan6.com, Bandung: Puluhan aktivis dari Kabinet Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (KKM ITB) berunjuk rasa di sekitar Kampus ITB, Jalan Ganesha, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (8/5). Mereka memprotes kebijakan Rektor Kusmayanto Kadiman yang dinilai tidak konsisten berkaitan dengan acara kuliah umum dengan pembicara Ketua Umum Partai Amanat Nasional Amien Rais.

Menurut mahasiswa, Kusmayanto melarang KKM ITB menggelar kuliah umum dengan pembicara calon presiden dari PAN, Amien Rais. Sementara Kusmayanto dan rektorat justru mengadakan acara serupa dengan pembicara, hari, dan waktu yang juga sama. Dengan kebijakan ini, mahasiswa merasa keberadaannya tidak dihargai.

Sebagai bentuk penolakan, mereka berdemonstrasi di depan gerbang kampus dengan menggelar berbagai orasi serta aksi pembakaran ban bekas. Aksi penolakan juga dilakukan mahasiswa di tengah kuliah umum. Protes kebijakan rektorat dilakukan mahasiswa dengan aksi walk out dari acara. "Kami menghargai kedatangan Pak Amien, tapi kami tidak menghormati rektor yang tidak konsisten," ujar seorang mahasiswa sebelum meninggalkan forum.

Amien Rais terlihat tak terpengaruh dengan aksi mahasiswa tersebut. Ia tetap meneruskan kuliahnya, meski jumlah peserta berkurang. Menurut Amien, aksi mahasiswa tersebut suatu hal yang wajar di tengah dinamika demokrasi kampus.(YAN/Patria Hidayat dan Taufik Hidayat)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini