Sukses

`Bendera GAM`Sempat Berkibar di Halaman DPR Aceh

Massa meminta agar bendera berlambang bulan bintang ini segera dikibarkan di tiang bendera yang terdapat di gedung DPR Aceh.

Beberapa helai bendera bergambar bulan dan bintang sempat berkibar di halaman Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) sesaat usai pengukuhan Malik Mahmud sebagai Wali Nanggroe Aceh ke-9.

Bendera yang mirip bendera Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ini dikibarkan beberapa orang yang telah menunggu pengukuhan Wali Nanggroe sejak pagi hari.

Seusai pengukuhan tersebut ribuan massa meneriaki "Hidup Aceh, Allahu Akbar, kibarkan bendera Aceh". Massa meminta agar bendera tersebut dikibarkan di tiang bendera di halaman gedung tersebut.

Ribuan orang yang datang dari berbagai penjuru daerah di Aceh ini mulai memadati jalan di depan gedung DPRA sejak pagi hari. Rajali, warga dari daerah Pasee, Lhokseumawe, ini datang bersama rombongan ke Banda Aceh untuk melihat pengukuhan Wali Nanggroe dengan membawa beberapa helai bendera Aceh.

"Kami datang jauh-jauh mau lihat Wali Nanggroe dan pengibaran bendera Aceh", ujar Rajali kepada Liputan6.com, Aceh, Senin (16/12/2013).

Aparat gabungan TNI dan Polri langsung menurunkan bendera tersebut sebelum acara pengukuhan Wali Nanggroe dimulai.

Wali Nanggroe adalah lembaga kepemimpinan adat tertinggi di Aceh. Lembaga itu telah sah berlaku di Provinsi Aceh, menyusul telah dimasukkannya Qanun Nomor 8 Tahun 2012 tentang Lembaga Wali Nanggroe ke dalam Lembaran Daerah oleh Gubernur Zaini Abdullah. (Rmn/Yus)

Baca juga:
Pengukuhan Wali Nanggroe, Aceh Sediakan Rp 2,4 M
Eks Kombatan GAM Ikut Amankan Pengukuhan Wali Nanggroe Aceh




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.