Sukses

[VIDEO] Bandung, Bojonegoro, Jember Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur beberapa wilayah di pulau Jawa mengakibatkan air sungai meluap hingga akhirnya merendam ribuan rumah.

Hujan deras sepanjang minggu malam menyebabkan Sungai Citarum meluap hingga akhirnya banjir pun menggenangi 3 Kecamatan yakni Dayeuhkolot, Bale Endah dan Bojongsoang, di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, hingga 1 meter. Untuk menembus banjir, warga menggunakan perahu dan delman.

Selain itu, ribuan rumah juga terendam di sebagian wilayah bahkan banjir mencapai hingga 3 meter. Akibat banjir tersebut, sejumlah warga terpaksa mengungsi dibeberapa lokasi seperti di Masjid Agung Dayeuhkolot. Tetapi ada pula warga yang terpaksa bertahan di rumah.

Dalam tayangan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (16/12/2013), tidak hanya Sungai Citarum yang meluap yang membanjiri sebagian wilayah di Kabupaten Bandung, akan tetapi Sungai Bengawan Solo juga meluap hingga membanjiri Kota Bojonegoro, Jawa Timur. Banjir yang belum surut tersebut sudah berlangsung selama 2 hari, melanda 50 desa di 14 kecamatan Kota Bojonegoro.

Tak hanya merendam ribuan rumah, banjir juga menutup akses jalan sepanjang 37 kilometer dan ribuan hektar sawah. Hingga kini, para korban banjir belum mendapatkan bantuan dan masih mengungsi di tenda seadanya.

Selain itu, hujan deras yang terus mengguyur Kabupaten Jember, Jawa Timur, juga menyebabkan Sungai Rowo di Desa Klatakan meluap. Banjir yang terjadi hampir setiap tahun ini selalu merendam ratusan rumah yang ada di wilayah sekitar. (Adm/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.