Sukses

Suap MK, Bupati Buton Samsu Umar Diperiksa KPK

Bupati Buton, Sulawesi Tengah, Samsu Umar diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Akil Mochtar.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan memeriksa Bupati Buton, Sulawesi Tengah, Samsu Umar terkait dugaan suap pengurusan sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK). Samsu Umar diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Ketua MK Akil Mochtar.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka AM (Akil Mochtar)," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha, Senin (16/12/2013).

Dalam kasus yang sama, penyidik KPK juga kembali memeriksa pasangan calon Bupati Lebak, Banten Amir Hamzah-Kasmin. Keduanya juga diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Akil Mochtar. Akil yang juga mantan politisi Partai Golkar juga akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai tersangka.

Sementara, mereka yang juga dipanggil dalam kasus ini yakni Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Hambit Bintih dan seorang pengusaha Cornelius Nalau yang tertangkap menyuap Akil.

Dalam kasus suap sengketa Pilkada MK, KPK juga sudah menetapkan adik Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Tubagus Chaery Wardana alias Wawan. Dini hari tadi, sejumlah kendaraan berlalu lalang memasuki garasi kediaman pribadi Gubernur Banten Ratut Atut Choisyah di Komplek Intercon, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Belum diketahui secara pasti kehadiran mobil-mobil ini. Satu per satu kendaraan memasuki garasi rumah lalu keluar kemudian diganti dengan kendaraan lain memasuki garasi yang sama. (Adi/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini