Sukses

Taman Wisata Iman, Tempat Liburan Religius Semua Agama

Terletak di Bukit Sitinjo, Desa Sitinjo, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara ini menawarkan pemandangan yag memukau.

Citizen6, Jakarta: Sebentar lagi, ujian sekolah akan usai. Bingung ingin menghabiskan liburan natal bersama keluarga anda? Datang saja langsung ke Taman Wisata Iman. Tempat wisata yang terletak di Bukit Sitinjo, Desa Sitinjo, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara ini menawarkan pemandangan yang indah, udara khas Dairi yang sejuk dan tentu saja bangunan-bangunan religius yang merupakan suguhan utama dari tempat ini.

Di Taman Wisata yang memiliki luas 130.000 m2 ini, anda akan menemukan bangunan-bangunan yang dibuat khusus berdasarkan agama-agama yang diakui di Indonesia, yaitu Kristen, Islam. Hindu dan Buddha.

Taman yang terletak di kota Sidikalang ini memang dibangun khusus untuk menggambarkan keragaman agama yang ada di Indonesia.  Pada bagian atas pintu gerbang utama terdapat lambing salib, kubah masjid yang bertuliskan ‘Allah’, stupa, dan lambang agama hindu.

Bagi penganut agama Kristen, terdapat bangunan serta patung yang menggambarkan peristiwa yang terjadi di dalam Perjanjian Lama. Juga terdapat bangunan dan patung yang menggambarkan kehidupan Yesus Kristus, dari mulai lahir hingga disalibkan. Ada masjid dan Lapangan Manasik Haji yang melambangkan agama Islam, kuil Hindu, dan Vihara Saddhavadana dengan patung Buddha Rupang yang melambangkan agama Buddha.

Meskipun tempat wisata alam ini lebih condong menceritakan tentang sejarah Kristen, tidak ada salahnya bagi umat selain Kristiani untuk berkunjung ke taman wisata ini. Sedangkan bagi anda yang umat Kristiani, mengunjungi taman wisata pada liburan natal tentu saja akan membangkitkan semangat natal yang akan kita songsong pada tanggal 25 Desember mendatang.

Selain itu, Taman Wisata Iman dapat menjadi tempat untuk menanamkan nilai-nilai moral kepada anak dengan menghargai alam ciptaan Tuhan dan juga menghargai keberagaman agama di Indonesia. Dengan begitu, anak-anak akan belajar untuk mensyukuri nikmat yang diberikan Tuhan dan menjadi calon penerus bangsa yang saling menghargai dan cinta damai. (kw)
 
Penulis
Estrelita
Mahasiswi Universitas Diponegoro, Semarang
estrelitXXX@rocketmail.com

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini