Sukses

Ratusan Narapidana Ngamuk, Lapas Palopo Dibakar dan Dikuasai

Petugas pemadam yang mencoba memadamkan api dilempari para napi. Ratusan personel aparat kepolisian dan TNI dikerahkan jaga lapas.

Kerusuhan warga binaan di dalam lembaga pemasyarakatan kembali terjadi. Kali ini sekitar 200 narapidana mengamuk dan membakar Lapas Kelas II B Palopo, Sulawesi, Sabtu (14/12/2013).

Insiden itu diduga dipicu pemukulan seorang napi saat ditegur petugas sehingga memicu kemarahan narapidana lainnya.
Petugas pemadam yang mencoba memadamkan api ikut dilempari para napi. Ratusan personel aparat kepolisian dan TNI menjaga sekitar lapas untuk mencegah napi yang berusaha kabur.

Pantauan Liputan 6 SCTV, ratusan napi penghuni lapas Kelas II B Palopo mengamuk dan membakar lapas. Sejumlah bangunan perkantoran lapas dan fasilitasnya mereka bakar dan rusak. Sejumlah petugas lapas dan dibantu aparat Kepolisian dan TNI terus berusaha meredam aksi mereka namun tidak diindahkan.

Menurut petugas lapas, selain narapidana di dalam lapas juga terdapat sejumlah pengunjung dan tenaga penyuluh yang sedang memberikan pelatihan bagi para napi saat kerusuhan ini terjadi.

Hingga saat ini polisi masih berusaha mendobrak pintu lembaga agar dapat masuk. Lapas ini dihuni sekitar 200 narapidana dengan berbagai kasus. (Adi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini