Sukses

Pencurian di Makam Cilacap, Jasad Bayi & Tengkorak Wanita Raib

Pembongkaran makam itu dilakukan pelaku pada waktu yang berbeda.

Pembongkaran 3 makam oleh orang tak dikenal terjadi di Cilacap, Jawa Tengah. Dari 3 makam itu, salah satu dari sepasang bayi kembar dan tulang tengkorak milik jenazah bernama seorang perempuan bernama Endah Setyowati (24) raib.

"Satu minggu ini ada 2 peristiwa pembongkaran makam, yaitu makam bayi kembar dan makam Ibu Endah," kata Kapolres Ajun Komisaris Besar Polisi Andry Triaspoetra di Cilacap saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Jumat (13/12/2013).

"Untuk makam bayi kembar di Cikento Cilacap Tengah dibongkar dua-duanya. Karena dua bayi itu dimakamkan berdekatan. Jenazah Endah yang meninggal saat lebaran 2013 ada yang hilang, yaitu tengkorak atas," imbuh dia.

Pembongkaran makam itu, lanjut Andry, dilakukan pelaku pada waktu yang berbeda. Hal itu diketahui dari kondisi tanah di sekitar makam yang berbeda. "Kan beda, tanah baru dengan tanah lama yang dibongkar," imbuhnya.

Untuk memastikan hal tersebut, pihaknya kemudian membongkar makam itu. Dan salah satu jenazah bayi kembar didapati telah raib. "Jenazahnya hilang, nggak ada," ucap Andry.

Kemudian pada Kamis 12 Desember 2013, ada laporan dari warga Supriyanto, yang menyebutkan ada pembongkaran di Makam Sabujanur. Jarak kedua makam tersebut terletak tak jauh.

"Karena ini berkaitan dengan jenazah manusia. Kami pun melakukan pemeriksaan. Setelah dicek oleh Dokter Puskesmas Etty Urtanti, diotopsi, dicek semuanya," jelas Andry.

Untuk pengusutan kasus ini, Andry mengatakan, pihaknya terus melakukan penyelidikan demi menguak siapa pelakunya. (Ali/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.