Sukses

Ahok: Kami Akan Minta Subsidi BBM Dihapus di DKI

Pemprov DKI akan segera mengajukan rencana tersebut ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan pihaknya berencana menghapus subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) khusus di wilayah DKI Jakarta. Lantaran itu menjadi kewenangan pemerintah pusat, Pemprov DKI akan segera mengajukan rencana tersebut ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Menurut mantan Bupati Belitung Timur tersebut, penghapusan subsidi BBM ditujukan untuk menghemat pemakaian BBM. Selain itu, biaya subsidi dapat dialokasikan untuk membiayai pembangunan infrastruktur.

"Pengehematan itu kan untuk membantu pembangunan infrastruktur. Kami akan minta kepada Menteri ESDM untuk stop (subsidi BBM) saja," ujar Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Jumat, (13/12/12).

Selain itu, Ahok mengatakan alasan lain rencana menghapus subsidi BBM adalah menekan pembelian mobil murah atau Low Cost Green Car (LCGC) yang merupakan kebijakan pemerintah pusat. Terlebih selama beberapa bulan ini, angka penjualannya mobil murah terus meningkat di wilayah DKI Jakarta.

Mengapa mobil murah? Ahok mengatakan, walau di seluruh SPBU terpasang anjuran bagi kendaraan roda empat untuk mengisi BBM nonsubsidi, nyatanya mobil morah yang selama ini membanjir Jakarta justru lebih banyak yang mengggunakan BBM bersubsidi.

"Katanya mobil murah tidak boleh pakai bensin subsidi tetapi di lapangan mana? Mending kami buat aturan yang jelas saja, subsidi dihapus. Yang penting semua mesti cukup," kata Ahok.

Ia pun yakin, bila rencana tersebut dikabulkan oleh Kementerian ESDM, tidak akan mempengaruhi pendapatan pengusaha SPBU, terlebih jumlah kendaraan bermotor di Jakarta jumlahnya sangat banyak.

"Kalau pengusaha SPBU tidak ada urusan. Kalau menurut saya mereka yang penting ada yang beli," ucapnya. (Ali/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini