Sukses

Amur Muchasim, Gubernur Sementara Bangka Belitung

Mendagri dan Otda Surjadi Soedirdja melantik Amur Muchasim sebagai pejabat sementara Gubernur Bangka Belitung. Amur diberi tugas selama enam bulan untuk menyusun pemerintahan.

Liputan6.com, Bangka: Amur Muchasim dilantik sebagai penjabat sementara Gubernur Bangka Belitung. Amur dilantik Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah Surjadi Soedirdja dan disaksikan ribuan warga Bangka dan Belitung, baru-baru ini.

Menurut Surjadi, pelantikan tersebut sekaligus pemberian batas waktu enam bulan kepada Amur untuk membangun perangkat pemerintahan. Misalnya, membentuk DPRD, dinas-dinas, menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah serta melaksanakan pemilihan gubernur definitif.

Pembentukan provinsi ke-31 itu sesuai dengan Undang-undang Nomor 27/2000 tentang Pembentukan Provinsi Bangka Belitung. Sejauh ini, provinsi dengan jumlah penduduk 884.656 jiwa itu terdiri dari dua kabupaten dan satu kotamdya. Penduduk di provinsi ini berasal dari etnik Jawa, Sunda, Madura, Maluku, Minang, dan keturunan Tionghoa. Warga keturunan Tionghoa mencapai 30 persen. Provinsi ini mengandalkan kekayaan alam tambang timah dan laut.(AWD/Kawiyan dan Agus Kusnohadi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini