Sukses

Anugerah Lifetime Achievement dari KPI untuk Pak Raden

KPI memberikan penghargaan Lifetime Achievement kepada Pak Raden atas jasanya mewarnai kehidupan generasi bangsa.

Selain memberikan apresiasi dan penghargaan bagi program penyiaran yang dinilai sehat dan berkualitas, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) juga memberikan penghargaan Lifetime Achievement bagi individu yang memiliki peran besar dalam sejarah dan perkembangan penyiaran di Indonesia.

Dalam Anugerah KPI 2013, komisioner KPI memberikan penghargaan Lifetime Achievement kepada seniman dan pendongeng senior Indonesia, Drs Suryadi yang lebih dikenal dengan Pak Raden.

"Penghargaan itu kita berikan karena kita menyadari bahwa beberapa generasi kita itu tumbuh dan berkembang dari cerita-cerita yang digagas oleh Pak Raden dan tokoh bonekanya," kata Judhariksawan selaku Ketua KPI dalam Anugerah KPI 2013 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Kamis (12/12/2013) malam.

Judhariksawan menjelaskan, saat ini usia Pak Raden sudah tidak muda lagi, telah memasuki 81 tahun. Karena itu, dalam ajang penganugerahan pada tahun ini merupakan kesempatan kepada KPI untuk memberikan apresiasi kepada Pak Raden yang dinilai telah mewarnai kehidupan generasi bangsa Indonesia melalui cerita dan tokoh bonekanya.

"Beliau sudah memasuki usia 81 tahun, saya pikir ini adalah langkah yang tepat kepada KPI untuk memberikan penghargaan kepada jasa-jasa beliau yang memberikan warna bagi generasi bangsa indonesia," jelasnya.

Dalam Anugerah KPI 2013, beberapa budayawan serta tokoh masyarakat dilibatkan menjadi dewan juri mencari nominator dan pemenang di 9 kategori yang diperebutkan. Namun, untuk kategori Lifetime Achievement, komisioner KPI yang menjadi dewan jurinya untuk menentukan yang berhak mendapatkan penghargaan tersebut.

"Ini penilaiannya dari kami Komisioner KPI, kami yang menilai siapa gerangan yang menjadi nominasinya dan kami sepakat bahwa untuk tahun ini kita berikan kepada Drs Suryadi atau Pak Raden," tukasnya.

Untuk Anugerah KPI 2013, peserta yang berpartisipasi terbagi dalam 2 kelompok, yakni lembaga penyiaran televisi berjaringan, lembaga penyiaran radio dan televisi lokal.

Anugerah KPI 2013 diberikan dalam 9 kategori penghargaan yakni program anak-anak, program sinetron lepas/FTV, program berita investigasi, program dokumenter, program talkshow, program feature kebudayaan radio lokal, program feature kebudayaan televisi lokal, program radio peduli perbatasan, dan program televisi perbatasan.

Selain itu juga terdapat penghargaan Lifetime Achievement bagi individu yang memiliki peran besar dalam sejarah dan perkembangan penyiaran di Indonesia. (ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.