Sukses

Daftar Keluhan Warga DKI untuk Jokowi-Ahok

Kurangnya prasarana dan sarana pelayanan KJS serta seringnya pengguna disepelekan menjadi keluhan warga Jokowi itu.

Ada 3 poin yang paling sering dikeluhkan warga DKI di bawah kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Jokowi dan Wagubnya Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. 3 Poin ini muncul dalam hasil rembuk Provinsi DKI Jakarta 2013 yang secara resmi dilaporkan hari ini. Apa saja keluhan-keluhan warga itu?

"Yang paling urgent ada yang menyangkut infrastruktur fisik, pelayanan dasar (pendidikan dan kesehatan), dan sosial ekonomi. Itu poin-poin pentingnya," beber Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi DKI Irmansyah di Balaikota, Jakarta, Kamis, (12/12/2013). "Tapi poin-poin yang lain ada di kebijakan publiknya, dan lain-lain."

Dia menuturkan, infrastruktur fisik difokuskan pada 3 masalah utama, yaitu sampah, drainase, dan transportasi. Sementara untuk pelayanan dasar, warga menyoroti program Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Kartu Jakarta Sehat (KJS).

Kurangnya prasarana dan sarana pelayanan KJS serta seringnya pengguna disepelekan menjadi keluhan warga Jokowi itu. Selain itu KJP juga dinilai masih salah sasaran tanpa disertai pengelolaan dan pengawasan yang baik.

"Untuk sosial ekonomi, salah satunya warga juga rekomendasikan perlunya SOP (prosedur operasional standar) dan SPM (standar pelayanan minimal) pelayanan publik," ujarnya.

Irman menyatakan, semua hasil rembuk itu nantinya akan dibahas kembali. Dan tak menutup kemungkinan bakal menjadi rumusan kebijakan yang membantu Pemprov DKI membuat program pada 2015 mendatang.

"Ini kan memang pertama kali kita adakan, jadi kita mencari betul-betul formatnya seperti apa, paling tidak kan sekarang sudah terlihat bahwa ini menjadi ruang untuk publik dengan segala segmen yang ada di masyarakat," pungkas Irmansyah. (Ndy/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini