Sukses

Kasus yang Bikin Prabowo Lebih Unggul dari Ical

Kasus Lapindo dinilai menjadi salah satu alasan Prabowo lebih diunggulkan ketimbang Ical.

Kontestasi capres 2014 masih dibilang cair. Namun tingkat elektabilitas dan peluang beberapa kandidat capres mulai terlihat. Berdasarkan kajian pemetaan 30 survei dari 20 lembaga yang dilakukan tim peneliti Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS), capres Partai Gerindra Prabowo Subianto lebih diunggulkan dibanding capres Partai Golkar Aburizal Bakrie.

Kenapa Prabowo lebih unggul daripada pengusaha yang lebih dikenal bernama Ical tersebut? Alasan pertama, sejumlah isu miring yang menerpa Ical lebih kompleks jika dibandingkan Prabowo.

"Kasus yang dihadapi Ical lebih bersangkutan dengan rakyat, seperti perusahaan Bakrie, lumpur Lapindo, dan yang menyangkut Jawa dan luar Jawa dibanding kasus Prabowo yang elitis mengenai pelanggaran HAM," jelas Direktur Eksekutif SSS Ari Nurcahyo dalam diskusi bertema Evaluasi Politik Akhir Tahun 2013 & Political Outlook 2014 di Jakarta, Kamis (12/12/2013).

Menurut Ari, kasus yang menimpa Prabowo tidak dimengerti semua kalangan menengah ke bawah, melainkan hanya kalangan elite, walaupun kasus pelanggaran HAM tersebut terbilang berat. Akibatnya, reputasi Prabowo di masyarakat Indonesia yang notabene masyarakat menengah ke bawah masih lebih baik dibandingkan Ical.

Peneliti SSS Muhamad Dahlan menambahkan, lemahnya kemampuan Ical menyelesaikan masalah yang dihadapi juga menjadi alasan lain mengapa Prabowo lebih unggul. "Dalam menghadapi suatu masalah, Ical lebih mengandalkan kemampuan personalnya. Berbeda dengan Prabowo yang lebih terstruktur," katanya.

"Sikap Prabowo sebagai sosok yang tegas dan kuat di mata masyarakat juga menjadikan tingkat elektabilitas Prabowo lebih tinggi daripada Ical," jelas Muhammad. (Rmn/Sss)

Baca juga:
Kajian SSS: Jokowi Paling Berpeluang Menang Pilpres 2014

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini