Sukses

[VIDEO] Musim Hujan, Waspada Demam Berdarah dan Chikungunya!

Musim hujan membuat rentan munculnya penyakit yang ditularkan melalui nyamuk, seperti demam berdarah dan chikungunya.

Hujan yang mulai tinggi intensitasnya di beberapa tempat membuat rentan munculnya penyakit yang ditularkan melalui nyamuk, seperti demam berdarah dan chikungunya. Hal itu pula yang terjadi di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jembrana, Bali.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (12/12/2013), pengasapan atau fogging gencar dilakukan, menyusul tingginya ancaman demam berdarah di Sleman, DIY.

Catatan Dinas Kesehatan setempat memperlihatkan hingga akhir Oktober saja penderita penyakit itu mencapai 650 orang lebih dari 4 kali lipat dibanding tahun lalu.

Angka itu diperkirakan terus bertambah karena curah hujan juga akan terus tinggi. Keadaan yang membuat jentik nyamuk mudah berkembang biak. Apalagi kesadaran warga menjaga kebersihan masih amat kurang.

Penyakit lain yang harus diwaspadai saat hujan adalah chikungunya. 2 Pekan terakhir ini ratusan warga telah jatuh menjadi korbannya.

Di Desa Air Kuning, Jembrana, Bali, penyakit ini bagai berpindah-pindah dari satu rumah ke rumah lain. Bahkan ada dusun yang lebih dari 50 persen penduduknya tertular penyakit yang berasal dari gigitan nyamuk itu. Warga yang terserang merasa nyeri pada tulang disertai panas badan yang tinggi. (Sss/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini