Sukses

BK: Ada Pengaduan `Pelecehan`, 4 Anggota Komisi I DPR Dipanggil

BK DPR akan segera memeriksa 4 anggota Komisi I yang diduga melakukan pelecehan secara verbal tersebut.

Badan Kehormatan (BK) DPR mendapat pengaduan Komnas Perempuan. Pengaduan ini terkait perilaku beberapa anggota Komisi I DPR yang diduga melakukan pelecahan kepada perempuan saat melakukan fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Anggota BK DPR Ali Maschan Moesa membenarkan adanya laporan tersebut. Ia mengaku mendapat surat pengaduan dari Komnas Perempuan, namun bukan terkait soal pelecehan seksual.

"Iya betul, ada surat yang masuk di BK DPR dari Komnas Perempuan, tapi isinya itu bukan terkait pelecehan yang dilakukan Komisi I DPR," kata Ali saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Rabu (11/12/2013).

Ali menuturkan, pengaduan Komnas Perempuan tersebut setelah melakukan pengamatan terhadap sejumlah uji kepatutan dan kelayakan di tiap komisi DPR. Hasilnya, ada beberapa anggota Komisi I DPR yang dinilai kurang menghormati perempuan.

"Jadi Komnas Perempuan itu mengamati, sudah lama fit and proper test itu ada pertanyaan yang dianggap kurang respons terhadap genderlah," tutur Ali.

Ali mengungkapkan, ada 4 anggota yang akan dimintai klarifikasi terkait perihal tersebut. Namun saat diminta menyebut satu per satu namanya, Ali mengaku tak menghafalnya. "Ada beberapa nama dari Komisi I, ya kita panggil nanti, tapi entah kapan. Mereka nggak mengadukan, hanya klarifikasi. Tapi mereka minta 4 orang Komisi I dipanggil," ujar Ali.

Dia menjelaskan, Komnas Perempuan melaporkan ke-4 legislator tersebut, karena pada saat melakukan fit and proper test anggota tersebut menanyakan hal-hal yang tidak substantif dan tidak proporsional. Contohnya, sebut Ali, memuji dan bertanya ke hal-hal pribadi peserta fit and proper test serta menanyakan nomor handphone.

"Ditanya ibu kok cantik? Ada juga (ditanya) hari ini ke spa berapa kali? Ya ditanya begitu. Mungkin karena merasa deket, dan nomer handpone jangan ganti-ganti ya," papar Ali.

Namun Ali memuji sikap Komnas Perempuan yang bersedia melaporkan perilaku ke-4 anggota DPR tersebut. "Saya pribadi, ini rasa bagus loh ya, ya untuk kebaikan kami juga," tandas Ali.

Ali menambahkan, jika tak ada halangan pihaknya segera mungkin akan memanggil ke-4 anggota Komisi I tersebut. "Ya lebih cepat lebih baik kita panggil keempatnya, tapi sedang sibuk sekali kita ini. Semoga minggu depan kita sudah bisa rapat ini ya," pungkas Ali. (Rmn/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini