Sukses

Kineforum Misbar, Bioskop Gratis Untuk Rakyat

Sebagian besar dari 6lovers (sebutan untuk pembaca Citizen6) mungkin dulu, ketika masa bocah pernah nonton film layar tancap.

Citizen6, Jakarta: Sebagian besar dari 6lovers (sebutan untuk pembaca Citizen6) mungkin dulu, ketika masa bocah pernah nonton film layar tancap. Acara nonton bareng di tempat terbuka itu biasa disebut misbar (gerimis bubar).

Rupanya acara ini sekarang ngetrend lagi. Setelah beberapa waktu lalu Jiffest melakukan, kini kineforum mulai 10 Desember sampai dengan 16 Desember mengadakan Kineforum Misbar di lapangan futsal Monumen Nasional (Monas, masuk dari depan gedung pertamina).

Kineforum Misbar ini adalah rangkaian program dari Jakarta Biennale 2013 yang sudah dimulai beberapa waktu lalu. Pada acara Misbar ini, Kineforum akan memutar film-film tempo dulu maupun sekarang.

Tempat menonton Misbar yang beratap langit ini konsutruksinya dirancang oleh dua arsietek Melisa Liando (Indonesia) dan Lazlo Csutoras dari Hungaria. Misbar dimaksudkan tidak hanya menjadi media nostalgic tentang layar tancap, namun juga ditujukan untuk memberikan alternative ruang dan pengalaman menonton yang unik untuk warga Jakarta.

Menurut Sugar Nadia (Manajer Kineforum) , kineforum misbar hadir sebagai tanggapan atas kurangnya bioskop untuk rakyat. Jangan bayangkan acara ini memakau audio yang kresek-kresek seperti pada nonton layar tancap masa dulu, namun misbar didukung oleh audio-visual yang mumpuni.

Pada acara ini, akan diputar film-film dari berbagai era. Adrian Jonathan dan Mahardhika sebagai Kurator memilih film-film diantaranya, Apa Jang Kau Tjari Palupi?, Kejarlah Daku Kau Kutangkap, Naga Bonar, Rumah Dara dan lainnya.

Khusus pada tanggal 12 Desember 2013 kineforum Misbar akan menjadi tempat peluncuran film Darah dan Doa (hasil restorasi, karya Usmar Ismail, 1950) oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Sayang sekali acara ini khusus buat undangan. Selebihnya kineforum terbuka untuk publik dan gratis.

Berikut jadwal lengkap Misbar Kineforum:

  • Rabu (11 Desember) pukul 19.00 Pengemis dan Tukang Becak; pukul 21.00 Lovely Man
  • Kamis (12 Desember) Peluncuran hasil restorasi Darah dan Doa (khusus undangan)
  • Jumat (13 Desember) pukul 19.00 Janji Joni; pukul 21.00 Belkibolang (Omnibus, 2010); pukul 24.00 Rumah Dara
  • Sabtu (14 Desember) pukul 19.00 Ambisi; pukul 21.00 Naga Bonar; pukul 24.00 Sinema Purnama (Omnibus, 2012)
  • Minggu (15 Desember) pukul 19.00 Kejarlah Daku Kau Kutangkap (Chaerul Umam, 1985); pukul 21.00 Badut-badut Kota (Ucik Supra, 1993
  • Senin (16 Desember) pukul 19.00 Bibir Mer (Arifin C Noer, 1991); pukul 21.00 Darah dan Doa


Penulis:
Karmin Winarta
Jakarta, Twitter: @fanabis

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 3 Desember sampai 13 desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Terima Kasihku untuk 2013". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.