Resep Rahasia Kue Kamir Khas Pemalang

  • Citizen6
  • 0
  • 10 Des 2013 18:08
Citizen6, Pemalang: Kue kamir atau kue khamir merupakan kue tradisional khas Pemalang yang memiliki rasa manis dan empuk. Konon asal usul kue kamir pemalang pertama kali dibuat oleh orang Arab sehingga dikenal dengan kue kamir Arab.

Bentuk kue kamir bundar dan pipih mirip seperti kue serabi atau kue doreyaki tradisional Jepang. Bahan adonan kue kamir menggunakan tepung terigu, gula, mentega serta telur. Adonan juga dicampur dengan tape singkong atau pisang ambon untuk memperkaya rasa.

Kue empuk tradisional ini bisa dengan mudah kita temui sepanjang jalan kota Pemalang dan sekitarnya. Dan bagi anda yang ingin mencoba membuat kue kamir dirumah, berikut ada resep kue kamir tradisional khas Pemalang.

Bahan membuat Kue Kamir:
½ tepung terigu
2 butir telur
1 sdt Ragi Instan
40 ons Gula Pasir
250 cc air
Garam secukupnya
1 sdt Soda kue
½ sdt vanili bubuk
Tape singkong ½ ons (buang seratnya)

Cara membuat Kue kamir Tradisional:
Kocok telur kemudian masukkan gula pasir, soda kue, ragi instan, vanili bubuk dan tape singkong. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit aduk sampai tercampur rata menggunakan tangan.

Setelah adonan merata baru kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai mendapatkan adonan kue kamir dengan ke kentalan yang pas. Jangan terlalu encer agar tidak luber dan jangan terlalu pekat agar tidak bantat. Pukul pukul adonan agar udara yang terperangkap dapat keluar. Tutup adonan kamir dengan kain bersih lalu biarkan semalaman atau sekitar 10 jam. Setelah 10 jam siapkan cetakan kue kamir olesi dengan margarin lalu tuangkan satu sendok sayur adonan kue kamir ke dalam cetakan.

Panggang dengan api yang kecil, saat bagian bawah mengeras dan mengeluarkan gelembung balik kue kamir dengan spatula atu sendok. Agar kamir tebal adonan jangan di tekan namun biarkan saja sampai kue kamir matang dengan sendirinya. Angkat, lakukan proses pemanggangan sampai adonan habis.

Demikian resep cara membuat kamir arab khas pemalang, selamat mencoba membuat kue kamir, semoga bermanfaat. (bnu)

Penulis
Dwi Nur Aprilia
Semarang, dwinoeraprixxx@yahoo.co.id.

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 3 Desember sampai 13 desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Terima Kasihku untuk 2013". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.


Related Articles
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler