Sukses

Bu Pur: Saya Dipaksa Penyidik KPK Kenal Anas Urbaningrum

Bu Pur menyatakan, dipaksa penyidik KPK untuk mengaku mengenal mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum.

Saksi kasus dugaan korupsi proyek Hambalang, Sylvia Sholeha alias Bu Pur bersaksi di persidangan. Dalam kesaksiannya, Bu Pur mengaku dipaksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengenal mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum.

"Saya tak pernah kenal dengan Anas Urbaningrum. Tapi saat diperiksa saya dipaksa untuk kenal," ujar Bu Pur saat bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta dengan terdakwa mantan pejabat Kemenpora, Deddy Kusdinar, Selasa (10/12/2013).

Saat diperiksa itu, Bu Pur mengaku langsung mencoret Berita Acara Pemeriksaan (BAP) di hadapan penyidik yang melakukan pemeriksaan terhadapnya.

Menanggapi pernyataan Bu Pur, salah satu hakim anggota pun menegaskan, dalam Berita Acara Pemeriksaan itu, Bu Pur tidak ditanya mengenai Anas Urbaningrum. "Tidak ada di sini (BAP) ditanya kenal Anas. Yang ada itu permohonan izin," kata Hakim Anwar.

Namun,  Bu Pur tetap ngotot tak pernah mengajukan permohonan izin untuk menangani proyek pengadaan alat sarana dan prasarana Hambalang itu. "Bukan saya yang tidak benar, penyidiknya yang tidak benar. Saya tak pernah ditanya begitu," ucap Bu Pur. (Mvi/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.