Sukses

Kelezatan Asinan Kamboja yang Tersohor

Asinan betawi adalah salah satu makanan khas dari Jakarta. Asinan kamboja tersedia dalam 2 varian.

Citizen6, Jakarta: Asinan betawi adalah salah satu makanan khas dari Jakarta. Di Jalan Taman Kamboja III No.10, Rawamangun, Jakarta-Timur, berdiri Rumah Makan Asinan Betawi H. Mansyur, yang sudah sangat terkenal dengan nama “Asinan Kamboja”. Rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 1970-an dan diwariskan oleh Alm. H. Mansyur kepada anak-anaknya. Konon, dahulu asinan ini hanya dijajakan dengan cara dipikul dan dijual berkeliling sekitar daerah Rawamangung saja. Namun, karena faktor usia dan tenaga Pak H.Mansyur yang saat itu sudah tidak memungkinkan lagi untuk berjualan berkeliling, akhirnya beliau memutuskan untuk berjualan asinan di rumahnya saja.

Asinan kamboja tersedia dalam 2 varian, yaitu asinan buah yang terdiri dari potongan buah  nanas, kedondong, timun, bengkoang dan diberi kuah rahasia yang terlihat seperti cuka merah, dan yang menjadi menu andalan ialah asinan sayur yang terdiri dari aneka sayuran seperti kol, timun, tauge, selada, tahu putih dan kacang tanah kemudian disiram dengan kuah kacang yang warnanya coklat kemerahan dan sedikit kental. Tak lupa sebagai pelengkapnya diberi kerupuk mie yang berwarna kuning dan kerupuk pink yang sangat renyah. Sayuran yang fresh dan crunchy ditambah kuahnya yang gurih dan agak pedas dijamin mampu membuat lidah Anda bergoyang.

Rumah Makan Asinan Betawi H.Mansyur ini ditata rapih berbentuk kios, walaupun tidak berdesain seperti di mall, penataannya cukup rapih & terlihat bersih, bangku dan mejanya terbuat dari kayu, bisa menampung sekitar 50 orang pelanggan, terdapat 1 toilet, dan untuk parkiran tidak perlu khawatir karena tersedia area khusus untuk parkir yang cukup luas.

Untuk menjaga kesegarannya, asinan kamboja ini diracik saat pemesanan, maka tak heran jika pelanggan yang membeli diwajibkan untuk mengantri. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena pelayan yang meraciknya sudah sangat cekatan juga ramah.

Asinan Kamboja buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB. Harga satu porsinya sangatlah terjangkau. Hanya dengan 9 ribu rupiah untuk asinan buah dan 10 ribu rupiah untuk asinan sayur Anda langsung bisa memanjakan lidah Anda dengan asinan yang bisa membuat mata merem melek ini. Cocok sekali dengan teriknya cuaca kota Jakarta. Jadi, jika Anda ke Jakarta jangan lupa, sempatkanlah diri Anda untuk mencicipi asinan betawi yang tersohor ini. (Listia Aulia Nurhasanah/Kw)

Penulis

Listia Aulia Nurhasanah, Mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi UNDIP Semarang. listiaXXXXX@gmail.com


Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 3 Desember sampai 13 desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Terima Kasihku untuk 2013". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.