Sukses

[VIDEO] 1.000 Lilin dari Mahasiswa Cirebon di Hari Antikorupsi

Aksi menyalakan lilin sebagai simbol meredupnya pemberantasan korupsi. Karena itu, mahasiswa meminta KPK mengusut tuntas kasus korupsi.

Peringatan Hari Antikorupsi juga diperingati Forum Mahasiswa Demokrasi (FMD) di Cirebon, Jawa Barat. Mereka menuntut penyelesaian kasus korupsi di Cirebon. Massa juga meminta KPK mengusut tuntas kasus korupsi Hambalang.

Seperti dalam tayangan Liputan 6 SCTV Pagi, Senin (9/12/2013), puluhan mahasiswa menggelar aksi di depan Balaikota Cirebon. Selain membawa spanduk dan poster, mereka melakukan aksi menyalakan lilin dan menutup mulut dengan lakban.

Dalam aksinya, mereka menuntut pengusutan kasus korupsi APBD gate 2004 di Kota Cirebon yang penanganannya mandek. Selain itu, massa juga meminta KPK mengusut tuntas kasus korupsi Hambalang yang menyeret nama besar di negeri ini.

"Kami nyalakan seribu lilin sebagai simbol meredupnya penanganan kasus korupsi di Cirebon. Kami juga meminta KPK mengusut dengan serius kasus korupsi Hambalang. Apalagi, banyak nama yang sering disebut-sebut tapi masih bebas di luar sana," kata Koordinator Aksi bernama Sulaeman.

Massa juga mengajak masyarakat yang melintas di sekitar Balaikota Cirebon untuk ikut dalam aksi itu. Massa menyiapkan spanduk putih untuk diisi oleh masyarakat. Mereka bebas menuliskan saran maupun kritik bagi para penegak hukum.

Rencananya, spanduk itu dikirim ke KPK sebagai simbol aspirasi masyarakat yang menginginkan pengusutan tuntas dan ketegasan KPK dalam memberantas korupsi.

"Kami akan bermalam di depan Balaikota Cirebon dan bergabung dengan rekan-rekan dari organisasi lainnya untuk aksi Senin pagi. Kami akan duduki Balaikota," tandas Sulaeman. (Don/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini