Sukses

[VIDEO] Siswa SD Nekat Terobos Banjir Demi UAS

Sebagian siswa nekat basah-basahan menerobos banjir. Ada pula yang terpaksa digendong.

Para siswa SD di Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan harus menembus banjir demi mencapai sekolah agar bisa mengikuti ujian akhir semester (UAS). Banjir melanda ibukota setelah sejumlah sungai meluap akibat hujan dan air kiriman dari Bogor.

Dalam tayangan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (6/12/2013), terlihat para pelajar SD Perguruan Rakyat di Bukit Duri harus berjuang untuk mencapai sekolah mereka. Sebagian siswa nekat basah-basahan menerobos banjir. Ada pula yang terpaksa digendong. Mereka semua harus tetap masuk sekolah untuk mengikuti UAS.

Ratusan rumah di Bukit Duri, terendam banjir sejak Jumat dini hari tadi setelah Kali Ciliwung meluap. Di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jakarta Timur, ribuan rumah di 7 RW terendam banjir.

Akibatnya, warga kesulitan keluar dari genangan banjir untuk beraktivitas. Meski air mencapai 2 meter, sejumlah warga masih memilih bertahan lantai atas rumah mereka.

Sejumlah permukiman tersebut merupakan salah satu daerah langganan banjir di Jakarta Timur, karena berada di bantaran Kali Ciliwung. Warga yang bosan dilanda banjir berharap pembangunan rusun di Kampung Melayu cepat rampung agar mereka segera direlokasi.

Selain Kali Ciliwung, Kali Sunter di Cipinang Melayu, Kecamatan Makassar, Jakarta Timur juga meluap hingga membuat ratusan rumah terendam banjir. Walau aktivitas mereka terganggu, warga memanfaatkan meluapnya air untuk menangkap ikan.

Meluapnya sejumlah sungai di Ibukota, selain karena hujan mengguyur Jakarta, juga dipicu air kiriman dari Bogor, Jawa Barat. Akibatnya banjir pun menyergap Ibukota sejak Jumat dini hari. (Riz/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini