Sukses

[VIDEO] Kunjungi Indonesia, Menlu Australia Menyesal Sadap SBY

Menteri Luar Negeri Australia bertemu Menlu Indonesia untuk memulihkan hubungan antara Indonesia-Australia yang sempat memanas.

Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop bertemu Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa untuk memulihkan hubungan antara Indonesia-Australia yang sempat memanas.

Dalam pertemuan tersebut Pemerintah Australia kembali menyampaikan penyesalannya atas insiden penyadapan terhadap Indonesia dan berkomitmen tidak akan melakukan tindakan yang membahayakan Indonesia.

Kedatangan Julie Bishop ini disambut langsung oleh Marty Natalegawa.

Ini adalah kunjungan resmi pejabat Pemerintahan Australia pertama usai memanasnya hubungan kedua negara karena berita penyadapan telepon Presiden SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono dan pejabat lainnya. Dalam pertemuan ini, kedua negara berkomitmen untuk memulihkan kepercayaan yang sempat hilang.

"Hari ini kami sepakat untuk mengadakan pertemuan dan kontak secara berkala terkait beragam isu yang menyatukan negara kita. Kami juga sepakat memperbaiki hubungan dan mengembangkannya ke potensi terbaik," ujar Julie Bishop dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (6/12/2013).

Semua berawal dari kesaksian Edward Snowden. Mantan karyawan kontrak NSA, agen keamanan nasional Amerika Serikat yang membocorkan dokumen adanya penyadapan 10 nomer telepon termasuk Presiden SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono.

Penarikan sementara duta besar dan ancaman penghentian beberapa kerjasama ternyata cukup ampuh membuat Australia kembali berusaha membuat kesepakatan yang lebih baik dengan Indonesia. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini