Sukses

Max Demokrat: Anas Urbaningrum Politisi Tercanggih di Indonesia

Max Sopacua menyebut sikap dan perkataan Anas sulit ditebak oleh lawan politiknya.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua punya penilaian tersendiri terhadap sosok Anas Urbaningrum yang kerap memberikan pernyataan kontroversional terhadap Partai Demokrat dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) setelah ditetapkan sebagai tersangka gratifikasi proyek hambalang oleh KPK.

Menurut Max, mantan Ketua Umum Demokrat itu merupakan politisi ulung di Indonesia. Sebab, sikap dan perkataan Anas sulit ditebak oleh lawan politiknya. Pola pendekatan Anas juga cukup baik sehingga orang-orang di sekelilingnya dapat dipengaruhi.

"Anas itu politisi, bahasa politiknya itu terlalu tinggi. Dia adalah politisi yang paling canggih di republik ini," kata Max di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (5/12/2013).

Bahkan, tambah Max, sebetulnya Partai Demokrat telah menyiapkan kursi capres untuk Anas Urbaningrum. Peluang itu cukup besar. Namun sayang, KPK telah lebih dahulu menetapkan Anas sebagai tersangka kasus gratifikasi proyek Hambalang. "Dia adalah capres jika tidak terjadi kasus pada Demokrat saat itu," tutur dia.

"Artinya sebagai tokoh muda dia punya potensi untuk mencalonkan diri sebagai capres. Cuma mungkin kecepatan, terlalu dini. Sehingga tersandung-sandung. Padahal 2019 sebagai capres sudah di tangan dia itu kalau semua berjalan dengan aman dan tertib," papar Max.

Pada Rabu kemarin, Anas kembali melontarkan wacananya. Kali ini, pria asal Blitar, Jawa Timur, itu mengusulkan agar SBY yang menjabat sebagai presiden selama 2 periode untuk maju sebagai calon wakil presiden dari Demokrat pada Pemilu 2014.

Anas menganggap usulan ini rasional, sebab saat ini elektabilitas Demokrat tengah terpuruk. Apalagi 11 peserta konvensi calon presiden yang digelar oleh Demokrat tidak ada gregetnya. Anas menilai SBY sebagai satu-satunya figur yang mampu menjadi solusi bagi Demokrat. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini