Sukses

Anis Matta: Pemira PKS untuk Bangun Sistem Demokrasi Internal

Presiden PKS Anis Matta memaparkan tujuan Pemilihan Umum Raya (Pemira) yang dilakukan partainya untuk memilih calon presiden dari PKS.

Presiden PKS Anis Matta memaparkan tujuan Pemilihan Umum Raya (Pemira) yang dilakukan partainya untuk memilih calon presiden dari PKS. Hal itu dilakukan untuk membangun demokrasi internal dalam partai berideologi Islam tersebut.

"Jadi, konsepnya Pemira itu, saya sebagai presiden partai, untuk membangun sistem demokrasi internal. Bagaimana kita dalam hal rekrutmen untuk kepemimpinan," kata Anis di Kantor TFI Jalan Patra Nomor 48, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (5/12/2013).

Tujuan tersebut, jelas Anis, karena adanya suara-suara dari kader di bawah dan di daerah. "Dan kita merasakan adanya tuntutan dari arus bawah. Kita bikin mekanisme yang melibatkan semua pihak termasuk kader-kader," ujar Anis.

Anis menuturkan, mekanisme ini sebelumnya sudah diterapkan dalam Dewan Syuro tetapi baru kali ini untuk memilih calon presiden dari PKS. Pemira yang dilakukan ini untuk mendorong pemilihan internal yang terbuka.

"Kalau mekanisme Pemira-nya sudah ada, tapi secara pribadi saya mendorong supaya ada terbuka dan transparan, dinamikanya ada tapi soliditas partai terjaga," pungkas Anis. (Mut/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini