Sukses

Pemira PKS `Lirik` Capres Jawa dan Muda

Ada kriteria yang menjadi kunci untuk menjadi capres Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yakni berdarah Jawa dan muda.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar Pemilu Raya (Pemira) untuk mencari capres yang akan diusung pada Pemilu 2014. Ada kriteria yang menjadi kunci untuk menjadi capres PKS, yakni berdarah Jawa dan muda.

"Ada yang masih berpakem Jawa-Non Jawa. Aspek sosio-kultural memang menjadi pertimbangan pemilih dalam Pemira," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS Taufik Ridho ketika dihubungi di Jakarta, Kamis (5/12/2013).

"Ada mindset yang lebih maju ke depan, yang tak lagi mengkotak-kotakan basis etnis. Mayoritas kader sekarang terdiri dari anak muda. Mereka mempertimbangkan, ada nggak (kandidat) yang mewakili representasi anak muda," tambah Taufik.

Taufik menyatakan, 2 kriteria tersebut, dimiliki oleh 3 kandidat. Mereka adalah Ketua Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid, Presiden PKS Anis Matta, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher.

"Yang punya kans ya 3 nama itu. Mereka punya ketokohan puncak dibanding calon yang lain," katanya.

Namun, untuk urusan capres dari kalangan muda, PKS harus mengerucutkan menjadi 2 kandidat. "Tokoh muda ya Anis Matta atau Aher," tandas Taufik. (Mvi/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini