Sukses

Buka Acara Keraton se-Dunia, Jokowi-Ahok Berbaju Raja Jayakarta

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan membuka acara Pagelaran Agung Keraton Sedunia atau World Royal Heritage Festival 2013 siang ini.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan membuka acara Pagelaran Agung Keraton Sedunia atau World Royal Heritage Festival 2013 di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/12/2013) siang. Joko Widodo akan didampingi sang Wakil, Basuki Tjahaja Purnama.

"Saya ikut, dan Pak Ahok juga. Kita akan pakai pakaian Raja Jayakarta," ujar pria yang kerap disapa Jokowi itu di lapangan silang Monas, Jakarta Pusat.

Jokowi mengatakan, selain diikuti 165 kerajaan, keraton, dan pemangku adat se Indonesia. Acara tersebut juga akan diikuti 11 kerajaan dari negara-negara sahabat. Kerajaan-kerajaan tersebut berasal dari dari negara Malaysia, Singapura, Filipina, Norwegia, Swedia, Jepang, Brunei, Inggris, Portugal, Afrika Selatan, dan Denmark.

Walau juga diikuti oleh kerajaan-kerajaan dari negara lain, Jokowi tetap menilai budaya dan kerajaan-kereajaan di nusantara tetap yang terbaik. "Semua  juga  ingin  memperlihatkan kekayaan keraton mereka, tapi kita (Jakarta) saya kira  yang paling  besar dan ndak kalah lebih hebat," kata Jokowi.

Dalam pagelaran tersebut, selain menampilkan kultur dan budaya dari masing-masing kerajaan, akan ada penampilan pawai 30 kereta kencana serta penampilan berbagai atraksi kebudayaan dari 1.000 seniman daerah dan mancanegara.

Jokowi berharap, dengan digelarnya acara tersebut di Jakarta dapat menjadi brand Jakarta sebagai kota tujuan wisata.

"Kita ingin bangun brand kota sebagai  kota wisata, tapi dengan keunikan berbeda dengan negara lain. Kita ini punya 156 keraton yang akan kita angkat. Kalau bukan ibukota yang mengangkat, mau siapa lagi. Ini  kekuatan kita loh," ungkap Jokowi.

Pagelaran Keraton sedunia ini berlangsung mulai hari ini sampai 8 Desember 2013. Acara tersebut akan dipusatkan di kompleks Monumen Nasional. Selama 4 hari, akan berlangsung pertunjukkan berupa workshop pembuatan warisan seni budaya, pagelaran seni budaya, pameran keraton, festival kuliner.

Puncak acara tersebut adalah Pawai Kirab Budaya pada 8 Desember 2013 yang rutenya akan mengelilingi jalur Monas di sepanjang Jalan Medan Merdeka. Kirab budaya sejauh 2 kilometer itu akan dipimpin langsung oleh Jokowi. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini