Sukses

42% Desa di Maluku Belum Teraliri Listrik

Meskipun sudah 68 tahun Indonesia Merdeka, pelaksanaan pembangunan infrastruktur masih menjadi impian.

Citizen6, Maluku - Meskipun sudah 68 tahun Indonesia Merdeka, pelaksanaan pembangunan infrastruktur masih menjadi semacam impian bagi daerah-daerah di luar Pulau Jawa, khususnya di wilayah Indonesia bagian Timur. Propinsi Maluku misalnya, walaupun sudah ada sejak Indonesia Merdeka bersama 7 Propinsi lainnya, juga mengalami hal serupa. Dibidang ketenagalistrikan misalnya, baru sekitar 58 % desa yang sudah menikmati aliran listrik, sedangakan 42 % desa lainnya, terutama yang berada di wilayah Tenggara Maluku, belum terjangkau.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Maluku, M. Nanlohy, mengakui, dari total 906 desa di Maluku, baru sekitar 470 desa saja yang teraliri listrik. Sementara 436 desa sisanya masih hidup dalam kegelapan. Kabupaten yang desanya yang paling banyak belum tersentuh listrik adalah Kabupaten Kepulauan Aru, dengan total desa sebanyak 112.

Kabupaten Maluku Tengah, menurut Nanlohy, baru berhasil ditingkatkan dengan mencapai pekerjaan sekitar 89 persen dengan Presentase 157 desa yang telah teraliri listrik. Sementara yang belum hanya berkisar 14 desa. Sedangkan Kota Ambon yang adalah Ibukota Provinsi Maluku, proses penyerapan bagi desa teraliri listrik tuntas dalam artian dari total 50 desa yang ada, semua desa telah teraliri listrik atau tuntas 100 persen.

Kondisi ini mendapat perhatian dari sekumpulan  mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Ambon, melakukan aksi demonstrasi terhadap pihak PT PLN Persero Maluku dan Maluku Utara di depan kantor PLN Wilayah Maluku & Maluku Utara yang terletak di seputaran tugu Trikora Ambon,  pada 3/12/2013. Aksi ini  meminta PT PLN Persero untuk menindak lanjuti 436 desa di Maluku yang belum tersentuh oleh listrik agar sesegera mungkin dibangun aliran listrik di kawasan-kawasan tersebut.

Kita semua berharap PLN lebih memperhatikan pembangunan infrastruktur kelistrikan di Maluku pada tahun mendatang. Para wakil rakyat asal Maluku terutama yang berada di Senayan juga diharapkan memperjuangkan upaya untuk mengurangi jumlah desa di Maluku yang belum teraliri listrik. (Yacob Rambe/kw)

Yacob Rambe adalah pewarta warga

 Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 3 Desember sampai 13 desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Terima Kasihku untuk 2013". Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini